Virus Corona: Formula 1 2020 Seri Australia Batal Jelang Dimulai

Virus Corona kini juga berimbas pada balap Formula 1. F1 2020 Australian GP dibatalkan berdasarkan keputusan bersama akibat mewabahnya Virus Corona dan setelah tim balam McLaren dinyatakan positif COVID-19.

Jum'at, 13 Maret 2020 08:15
Virus Corona: Formula 1 2020 Seri Australia Batal Jelang Dimulai F1 2020 Australian GP batal (F1)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - FIA memutuskan untuk membatalkan balap Formula 1 (F1) 2020 Seri Australia. Pembatalan itu menjelang jadwal latihan bebas (Free Practice 1) di Melbourne Grand Prix, Circuit.

Keputusan tersebut diambil setelah mayoritas dari tim balap sepakat untuk tak melanjutkan balapan, setelah tim McLaren Racing Tema dinyatakan positif virus Corona. Selain itu, langkah ini juga untuk melindungi kesehatan semua tim F1 yang kini menjadi prioritas.

"We appreciate this is very disappointing news for the thousands of fans due to attend the race and all ticket holders will receive a full refund and a further announcement will be communicated in due course," begitu tertulis dalam pernyataan resmi pembatalan F1 2020 Australia GP.

 

1 dari 3 Halaman

F1 2020 Australian GP batal (Crash.net)

Sebelumnya, dilansir dari Crash.net, Mercedes mengonfirmasi bahwa pihaknya mengirim surat ke Formula 1 dan FIA untuk meminta pembatalan Australia GP setelah paddock terpapar virus Corona. Terlebih adanya pernyataan tentang tim McLaren yang dinyatakan positif COVID-19.

Mercedes beralasan tentang kesehatan fisik dan mental timnya. Berikut pernyataan resmi Mercedes:

2 dari 3 Halaman

"Mercedes-AMG Petronas F1 Team mengirim surat ke FIA dan F1 untuk meminta pembatalan Australian Grand Prix 2020. Kami sama kecewanya dengan para fans, bahwa balapan ini tidak bisa berjalan sesuai rencana. Namun, kesehatan fisik dan mental serta kesejahteraan anggota tim kami dan komunitas F1 yang lebih luas adalah prioritas utama kami.

Mengingat peristiwa force majeure yang kita alami terkait pandemi Virus Corona, kami tidak lagi merasa keselamatan karyawan kami dapat terjamin jika terus mengambil bagian dalam acara tersebut.

Kami berempati dengan situasiyang memburuk di Eropa, terutama di Italia. Lebih jauh lagi, kami merasa tidak tepat untuk berpartisipasi dalam acara yang mana pesaing seperti McLaren tidak bisa mengikuti karena keadaan di luar kendali mereka.

Karena itu tim kami akan memulai persiapan pack-up di sirkuit pagi ini."

 

3 dari 3 Halaman


(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami