Penjelasan Ilmiah Pengemudi Toyota Avanza Tersesat ke Hutan Gunung Putri yang Sempat Viral

Peristiwa tujuh penumpang Toyota Avanza yang tersesat di hutan Gunung Putri menghebohkan publik. Banyak yang mengaitkan dengan hal mistis. Tapi begini penjelasan menurut ahlinya.

Sabtu, 20 Februari 2021 12:15
Penjelasan Ilmiah Pengemudi Toyota Avanza Tersesat ke Hutan Gunung Putri yang Sempat Viral Avanza tersesat di hutan Gunung Putri, Majalengka (youtube/@newsupdate)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Viral MPV Toyota Avanza tersesat di hutan Gunung Putri saat hujan deras disebut-sebut membingungkan. Sebab, tidak satu pun dari tujuh penumpang di dalamnya menyadari bahwa mereka bablas masuk hutan hingga sejauh 5 kilometer.

Mobil bernomor polisi Z 1167 LD yang dikemudikan Enjang Imron (49) warga Tasikmalaya, Jawa Barat, itu sendiri tersesat di hutan Gunung Putri, Majalengka, Jumat (12/2/2021). Diinfokan bahwa mereka tersasar pada dini hari.

Ada informasi terkait hal gaib. Namun penjelasan ilmiah juga diberikan oleh Chief Instructor of Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu.

 

1 dari 2 Halaman

Menurut Jusri, hal-hal semacam ini pernah terjadi. Ia sendiri bahkan mengalami hal yang secara general disebut sebagai tersasar.

"Jika kita bahas sisi ilmiah. ini beberapa kali terjadi terliput atau viral, dan beberapa dua tiga klien kami bergerak di eksplorasi minyak. Saya sendiri pernah beberapa kali mengalami sendiri, Cilegon, Bandung lewat Cibubur," kata dia.

Manakala membahas bahwa tidak satu pun orang di dalam mobil, termasuk anak balita yang turut menjadi penumpang, tersadar bahwa mereka masuk hutan sejauh 5 kilometer, Jusri coba menganalisis.

"Itu yang saya bingung karena satu keluarga kok tidak ada keluhan tidak ada komplain yang membuat mereka sadar jalan sebagaimana mestinya. Kalau anak mungkin tidak mengerti, istri tidak sadar bisa saja dalam pengaruh suami tidak berani (bilang)," kata dia.

2 dari 2 Halaman

Secara psikologis, ketika orang berangkat tidak memiliki perencanaan perjalanan, maka secara naluri seseorang menurutnya akan bertanya ke alamat yang belum pernah dituju.

"Kalau sehat pasti bertanya. Ini bisa dipengaruhi macam-macam. Misalnya problem mental, bisa fatigue yang membuat kemampuan kognitif, afektif menurun, dia tidak sadar karena keletihan, Ini kondisi seperti orang setengah mabuk atau dalam pengaruh obat, obat kesehatan bukan alkohol dan lainnya," kata Jusri.

Efek sedang banyak pikiran juga mungkin menjadi penyebab. Financial problem berat, misalnya, hal ini menurut Jusri bisa membuat kemampuan kognitif, afektif menurun

"Dalam investigasi ada penyebab sifat langsung. Dicari lagi basic causes, atau akar permasalahan. Jadi kalau lihat berita sekilas begini tidak bisa disimpulkan, apakah ada distraksi mental," kata Jusri yang lantas mengiyakan jika memang efek kemampuan kognitif menurun seperti diinfokan ketika pengemudi terlihat seperti setengah sadar saat diwawancara oleh media.

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami