Viral Mobil Listrik Hyundai Ioniq Terjang Banjir, Apakah Aman?

Amankah mobil listrik digunakan untuk melibas banjir?

Kamis, 25 Februari 2021 18:30
Viral Mobil Listrik Hyundai Ioniq Terjang Banjir, Apakah Aman? Hyundai Kona Electric facelift (Hyundai)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Belum lama ini beberapa wilayah di Jakarta terendam banjir. Bersamaan dengan hal tersebut, viral beredar video sebuah mobil listrik Hyundai Ioniq nekat melibas genangan air yang cukup dalam.

Rekaman ini pun memunculkan pertanyaan, apakah mobil listrik masih aman digunakan untuk melibas banjir? Terkait hal tersebut, Uria Simanjuntak, Head of Public Relations PT Hyundai Motos Indonesia (HMID) memberi penjelasan.

 

1 dari 3 Halaman

"Jadi kalau terkait kondisi banjir, pada umumnya, untuk semua kendaraan termasuk mobil listrik tidak direkomendasikan untuk dipaksakan melintasi area banjir atau genangan yang cukup dalam," terang Uria saat dihubungi redaksi Otosia sore tadi (25/2).

"Tapi kalau memang terpaksa harus melintasi area genangan air, yang perlu diperhatikan adalah ketinggiannya. Pastikan ketinggian air tidak lebih dari wheel-hub center, atau setengah roda mobil," tambahnya.

2 dari 3 Halaman

Hyundai Ioniq Electric

Uria pun menjelaskan bahwa baterai mobil listrik Hyundai yang terletak di bawah jok sudah melalui serangkaian uji coba. Sumber tenaga yang mereka gunakan telah memenuhi Ingress Protection (IP69K), tahan debu dan air pada tekanan tertentu.

Kekhawatiran lain ialah air akan masuk secara perlahan melalui sela-sela di sekitar port-charging. Namun, Uria menyebut bahwa komponen tersebut sudah didesain dengan penutup untuk mencegah kebocoran. Selain itu, ada area yang disebut drain-holes untuk mencegah air tertampung di dekat socket pengisian daya baterai.

3 dari 3 Halaman

"Tapi, sekali lagi, kembali ke rekomendasi awal. Kalau memang bisa, dihindari area banjir atau genangan air yang cukup tinggi. Sebisa mungkinan dihindari dan mencari jalur alternatif lain," pungkasnya.

Sekadar informasi, PT HMID memiliki 2 mobil listrik. Pertama ialah Hyundai Ioniq Electric yang dibanderol Rp637-677 juta. Selain itu ada juga Hyundai Kona Electric yang ditawarkan dengan harga Rp69 juta (OTR Jakarta).

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami