[VIDEO] Spark EV Lebih Bertenaga, Lebih Hijau

Chevrolet Spark EV model tahun 2014 ini tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga lebih bertenaga. Dengan teknologi yang diusungnya, mobil kelas city car ini sangat diperlukan di negara seperti Indonesia.

Sabtu, 17 November 2012 11:30
Chevrolet Spark EV
Editor : Alvin

Otosia.com - Chevrolet Spark EV model tahun 2014 ini tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga lebih bertenaga. Dengan teknologi yang diusungnya, mobil kelas city car ini sangat diperlukan di negara seperti Indonesia.

Kendaraan yang memiliki tenaga lebih besar selalu identik dengan efisiensi yang kurang. Tapi tidak bagi kendaraan listrik yang bakal menjadi kendaraan masa depan seperti Chevy Sprak EV ini.

Chevrolet Spark EV 2014 ini akan diperkuat dengan motor magnet permanent dengan dilengkapi pendingin oli. Pihak GM sendiri mengklaim bahwa teknologi motor ini akan sanggup hasilkan tenaga besar hingga 136 hp dengan torsi puncaknya yang super kaya mencapai 542 Nm.

Bayangkan saja city car yang bertubuh kecil ini memiliki torsi yang besarnya sama seperti yang dimiliki sebuah mobil sport sekelas Porsche, Jaguar dan sebagainya. Hasilnya untuk akselerasi Spark EV hingga 100 km/h, pihak GM mengklaim sanggup dicapai kurang dari 8 detik.

"Saat kami satu tim berjuang mengembangkan sistem penggerak baru pada Spark EV, kami sudah mengetahui bahwa mobil ini akan memiliki banyak kejutan. Fun-to-drive baik dalam akselerasi dengan didukung efisiensi maksimal," papar Chuck Russell selaku Spark EV Chief Engineer.

Spark sebagai model pure-electric subcompact ini akan menggunakan sumber tenaga listrik yang tersimpan di baterai lithium-ion berkapasitas 20kWh. Paket baterai ini akan tersimpan di bawah bangku penumpang belakang. Nanti para pembeli Spark EV akan mendapat charger SAE combo yang merupakan untuk pertama kalinya sanggup melakukan pengisian hingga 80 persen hanya dalam 20 menit.

Tapi jikalau menggunakan charger standar dengan tegangan 240V, baterai akan terisi penuh dalam kurang dari 7 jam. Menariknya lagi, pemilik mobil nanti dapat memantau kondisi pengisian baterai via aplikasi dari smartphone yang akan disediakan OnStar.

Untuk menjawab rasa takut konsumen terhadap melemahnya unit baterai yang akan menjadi beban biaya sangat mahal, pihak GM telah menyiapkan paket garansi istimewa. Garansi istimewa ini untuk perlindungan unit baterainya hingga 8 tahun pemakaian atau penggunaan hingga 160.934 km.

(kpl/vin)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami