[VIDEO] Mclaren P1 Resmi Diperkenalkan di PMS 2012

Sebelum perhelatan Paris Motor Show 2012 dimulai, pabrikan supercar Inggris telah terlebih dahulu perlihatkan foto Mclaren P1. Sebagai penerus Mclaren MP4-12C, P1 telah dilengkapi sederetan fitur dan teknologi canggih.

Jum'at, 28 September 2012 14:30
McLaren P1 di PMS 2012
Editor : Alvin

Otosia.com - Sebelum perhelatan Paris Motor Show 2012 dimulai, pabrikan supercar Inggris telah terlebih dahulu perlihatkan foto Mclaren P1. Sebagai penerus Mclaren MP4-12C, P1 telah dilengkapi sederetan fitur dan teknologi canggih sehingga ia layak dan sepadan dengan jajaran kelas hypercar.

"McLaren P1 merupakan hasil dari 50 tahun McLaren selama berada di dunia balap dan juga terlahir sebagai mobil sport jalanan. 20 tahun lalu kami melahirkan sebuah supercar dengan performa besar yakni McLaren F1. Kini kami meluncurkan McLaren P1 sebagai penerus F1 dan bukan lagi supercar tapi sebagai hypercar," jelas McLaren Automotive Executive Chairman, Ron Dennis.

Namun dari pernyataan McLaren managing director Anthony Sheriff mengatakan, "Sebuah kecepatan puncak bukan merupakan prioritas utama." Padahal Mclaren F1 lahir pertama 20 tahunan yang lalu dalam memecahkan rekor kecepatan seperti sudah menjadi keharusan.

Tapi dari pernyataan ini bukan berarti Mclaren P1 akan terkendala dalam kecepatan puncaknya. Sebab dari pernyataan program director Paul Mackenzie yang mengatakan bahwa rasio pembagian tenaga dengan bobotnya bisa mencapai lebih dari 600 hp per ton. Dengan kata lain kemampuannya akan mampu beradu dengan 2 calon supercar baru Ferrari F70 dengan Porsche 918 Spyder.

Mclaren P1 juga diklaim memiliki performa aerodinamis yang sangat tinggi. Bahkan dikatakan saat mobil mencapai kecepatan 320 km/h, P1 sanggup hasilkan daya tekan atau downforce sekitar 600 kg. Dengan kemampuan aerodinamis seperti ini, mobil akan sanggup memiliki daya cengkeram dan kestabilan saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Sebagai produsen mobil sport sekaligus mengikuti ajang balap mobil dunia Formula 1, Mclaren juga menerapkan berbagai fitur andalan mobil balap ini ke dalam P1. Sebut saja teknologi KERS yang juga dipergunakan Ferrari F70 (Penerus Ferrari Enzo). Selain itu P1 juga mempergunakan fitur Drag Reduction System (DRS) dimana yang bisa mengatur wing belakang agar sesuai dengan kecepatan mobil saat melaju.

Berikut video detik-detik pengenalan Mclaren P1 generasi penerus kejayaan supercar Mclaren F1:

(kpl/vin)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami