[VIDEO] Inilah Calon Mobil Jet Darat Tercepat Sejagat

Memang untuk saat ini yang tercatat di Guinness World sebagai mobil tercepat dunia adalah Bugatti Veyron Super Sport. Namun yang bakal menjabat mobil jet tercepat sejagat adalah Bloodhound Super Sonic Car (SSC).

Senin, 08 Oktober 2012 10:30
Bloodhound Super Sonic Car (SSC)
Editor : Alvin

Otosia.com - Memang untuk saat ini yang tercatat di Guinness World sebagai mobil tercepat dunia yang bisa dipergunakan di jalan raya adalah Bugatti Veyron Super Sport. Namun yang bakal menjabat mobil jet tercepat sejagat adalah Bloodhound Super Sonic Car (SSC) dengan mencapai kecepatan 1.609 km/h layaknya pesawat jet tempur.

Namun hal ini masih sebatas dari hasil uji coba sementara yang dilakukan pada hari rabu (03/10/2012). Rencananya, Bloodhound Super Sonic Car (SSC) akan melakukan aksi sesungguhnya tahun depan di padang pasir Hakskeen Pan, Afrika Selatan. Demikian yang dilansir Inautonews, Senin (08/10).

Hal ini dengan tujuan untuk merebut gelar mobil tercepat yang tercatat dengan kecepatan 1.228 km/h yang setara dengan kecepatan suara atau Mach 1. Bloodhound SSC merupakan proyek yang dikembangkan beberapa ahli asal Inggris, dan diperlihatkan di ajang Farnborough International Air Show. Minggu lalu mobil ini diuji coba di dalam hanggar Royal Air Force base.

"Indikasi awal semua rencana pengujian sudah berjalan dengan baik," kata desainer dan ahli mesin, Insinyur Daniel Jubb, seperti dikutip oleh Western Morning News di Cornwall, Inggris. Dan pada tahun depan, Bloodhound Super Sonic Car (SSC) rencananya akan dikendarai oleh pilot Royal Air Force, Andy Green.

Tidak hanya sebagai mobil tercepat di dunia yang mungkin akan didapat, namun juga sebagai mobil hybrid tercepat di dunia. Pasalnya Bloodhound Super Sonic Car (SSC) dikatakan menggunakan teknologi mesin hybrid. Sementara itu, untuk mesin jet roket menggunakan bahan bakar padat, yang merupakan karet sintetis dan akan berubah menjadi aerosol.

Untuk mesin akan mengandalkan jantung pacu mobil balap Formula satu dari Cosworth. Mesin ini yang akan bekerja pertama kali sebelum dikombinasi dengan mesin jet. Hasil dari uji coba minggu lalu didapati Roket hybrid ini dapat menghasilkan tenaga 14.000 pounds atau setara dengan 40.000 Hp. Namun total tenaga kombinasi keseluruhan dengan mesin jet pesawat tempur ini dapat mencapai 135.000 Hp. Sebuah kekuatan ribuan kali dari mobil hybrid konvensional biasa saat ini.

Berikut video resmi dari Guinness World Records untuk ilustrsi yang menjelaskan performa mesin jet hybrid dari Bloodhound Super Sonic Car (SSC):

(kpl/vin)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami