[VIDEO] IIHS Perkenalkan Uji Tabrak Frontal Baru

Semakin banyak jumlah kendaraan saat ini, maka semakin banyak potensi terjadinya kecelakaan di jalan raya. Dari hal ini, tingkat keselamatan pada kendaraan yang siap diproduksi menjadi semakin diperketat. 

Jum'at, 17 Agustus 2012 10:30
IIHS perkenalkan uji tabrak baru
Editor : Alvin

Otosia.com - Semakin banyak jumlah kendaraan saat ini, maka semakin banyak potensi terjadinya kecelakaan di jalan raya. Dari hal ini, tingkat keselamatan pada kendaraan yang siap diproduksi menjadi semakin diperketat. Dan di Amerika Serikat ada beberapa lembaga keselamatan yang mulai mencoba menerapkan metode baru.

Dan seperti yang diberitakan autoevolution beberapa hari lalu, sebuah lembaga Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) memperkenalkan metode baru. Dan metode baru ini diperuntukkan pada uji tabrak forntal pada kendaraan. Metode ini memang sudah kembangkan dan diterapkan pertama kali tahun 1995.

Simulasi kecelakaan ini dilakukan dengan melajukan kendaraan hingga kecepatan 64 km/h. Rata-rata uji tabrak frontal ini dilakukan langsung di bagian depan mobil. Kali ini metode baru mencoba sebuah simulasi apabila tabrakan terjadi pada setengah bagian depan mobil.

Sebab hal ini bisa saja terjadi apabila terjadi tabrakan pada sebuah pohon, tiang atau juga pada saat berpapasan dengan kendaraan lain dengan kecepatan 64 km/jam.

Sebuah hasil yang sangat mengejutkan terjadi pada mobil sedan kelas premium. Sebab IIHS telah melakukan metode baru ini pada 11 mobil mewah, di antarannya Acura TL, Volvo S60, Infiniti G, Acura TSX, BMW 3 Series, Lincoln MKZ, Volkswagen CC, Mercedes-Benz C-Class, Lexus IS 250/350, Audi A4 dan Lexus ES 350.

Dari semua model sedan mewah yang memiliki nilai uji tabrak tinggi sebelumnya, kini memiliki nilai yang sangat buruk dari mencoba metode baru ini. Sebab setiap pabrikan mobil tidak mempersiapkan perlindungan apabila terjadi tabrakan frontal pada setengah bagian depan.

Dan dari uji dengan menggunakan metode baru ini didapatkan nilai bagus untuk mobil sedan mewah Volvo S60. "Setiap pabrikan mobil memang telah mempersiapkan keamanan cukup baik apabila terjadi tabrakan frontal tapi tidak dengan setengah bagian. Diharapkan dengan adanya metode uji tabrak baru ini, pabrikan otomotif bisa mengembangkan sistem keselamatan lebih baik lagi," tutur Adrian Lund selaku IIHS President.

(kpl/vin)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami