Viar Q1 Diadu Lawan Produk Lokal Gesits, Mana yang Paling Jago?

Berikut kompasari secara data teknis bagaimana kekuatan sepeda motor listrik Viar diadu dengan produl lokal Gesits.

Rabu, 29 November 2017 12:15
Viar Q1 Diadu Lawan Produk Lokal Gesits, Mana yang Paling Jago? Foto: Istimewa

Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - PT Triangle Motorindo selaku produsen motor Viar Indonesia secara resmi menjual sepeda motor listrik Viar Q1. Kendaraan roda dua tanpa emisi gas buang tersebut mengusung model skuter.

Berbicara sepeda motor listrik Indonesia sendiri sudah memilikinya, yakni skuter Gesits. Namun sayangnya sepeda motor listrik ini belum dijual langsung oleh pihak produsen, tapi bagi para calon konsumennya bisa memesannya secara online.

Meski belum secara resmi dijual sebagai rival dari Viar Q1 data lengkap mengenai spesifikasi skuter buatan lokal ini juga sudah dipaparkan di web site resminya.

Untuk melihat keunggulan dan ketangguhan power diantara skuter listrikViar Q1 dan Gesits, redaksi Otosia mencoba untuk mengkomparasi sumber tenaga atau mesin yang dimiliki keduanya.

1 dari 3 Halaman

Power Viar

Power Viar

Secara data tertulis sumber tenaga, skuter Viar Q1 menggunakan daya baterai tipe Lithium-Ion berkapasitas 60 Volt- 20 Ah. Penyimpan energi tersebut untuk menggerakkan motor berdaya 800watt.

Untuk pengisian daya baterainya mulai dari nol sampai penuh dibutuhkan waktu kurang lebih 5 jam. Kemudian jika baterai sudah terisi penuh, Viar Q1 mampu diajak untuk menempuh jarak 70km dengan kecepatan maksimumnya mencapai 60km/jam.

2 dari 3 Halaman

Power Gesit

Power Gesit

Sementara untuk produk lokal Gesits, memiliki Lithium-ion 5000wh-96 Volt. Agar baterai terisi penuh dibutuhkan pengecasan dengan durasi waktu 3-4 jam.

Baterai tersebut untuk menggerakan sumber tenaganya. Sayangnya belum diketahui berapa watt mesin yang diusung. Namun untuk kekuatannya, mesin Gesits diklaim memiliki luapan tenaga 5KW di 3000rpm dan untuk torsinya sebesar 15 NM.

Selain itu menurut informasi yang lain, ketika baterai Gesits terisi penuh, sepeda motor listrik ini bisa diajak melaju hingga 80-100 kilo meter. Daya kecepatan melajunya pun hampir sama dengan sepeda motor bermesin bensin, yakni bisa 110km/j.

Menariknya lagi, baterai Gesits juga bisa dipasang dan lepas dengan mudah. Hal ini membuat sepeda motor biasa digunakan kemana saja tanpa menunggu pengecasan, dengan adanya baterai isi ulang.

3 dari 3 Halaman

Kesimpulan

Kesimpulan

Nah dari paparan data teknis mengenai spesifikasi part dan perangkat sumber tenaga kedua motor listrik, Viar Q1 dan Gesits buatan lokal.

Bisa ditarik kesimpulan, mana dari kedua motor listrik tersebut yang memiliki power lebih unggul.

Gesits memiliki keunggulan pengisian baterai lebih singkat, jarak tempuh lebih jauh, kecepatannya juga lebih tinggi dibandingkan dengan Viar Q1.

Meskipun demikian, Viar Q1 juga memiliki keunggulan disektor kelayakan jalan, karena sepeda motor listrik ini sudah dilengkapi dengan STNK.

(kpl/rd)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami