Vespa Bicara Soal Tantangan Skuter Retro Jepang

Di pasar skuter klasik Vespa tidak bisa dibilang sendirian, sudah ada Lambretta, lalu Kymco lewat Like 150i. Ditambah lagi gempuran merek Jepang

Sabtu, 01 Februari 2020 18:15
Vespa Bicara Soal Tantangan Skuter Retro Jepang Skuter ikonik Vespa (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Sebagai skuter ikonik, Vespa memang punya penggemar tersendiri. Namun di pasar skuter klasik Vespa tidak bisa dibilang sendirian, sudah ada Lambretta, lalu Kymco lewat Like 150i.

Ditambah lagi gempuran merek Jepang yang sudah banyak menelurkan produk yang mengarah ke sentuhan klasik, baik skutik hingga sport mereka.

PT Piaggio Indonesia mengaku tidak gentar kendati secara volume jualan Piaggio dan Vespa tidak sebesar brand-brand Jepang.

"Vespa itu sangat unik. Apa yang ditawarkan Vespa itu sangat kuat dengan sejarahnya. Tapi kita berkembang menurut zaman yang ada. Jadi Vespa itu bukan hanya klasik skuter, tapi Vespa adalah Vespa," kata Marco Noto La Diega, Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia di sela-sela peresmian dealer Piaggio-Vespa Rawamangun, Jakarta, Jumat (31/1).

1 dari 2 Halaman

Walaupun kuat sebagai ikon skuter klasik, salah satu strategi adalah dengan menawarkan lebih banyak model yang disukai anak muda. Baik desainnya maupun fitur-fitur kekinian yang dibutuhkan dan akrab dengan kaum milenial.

“Kita mencoba dekat dengan anak muda. Kita ingin memberikan fitur-fitur dengan teknologi terbaru. Untuk kompetitor kami sangat terbuka buat kompetisi, dan itu juga akan memberikan pilihan kepada konsumen. Tapi balik lagi, kita juga confidence dengan segala sesuatu yang ada di Vespa tersebut,” katanya.

2 dari 2 Halaman

Piaggio meyakini Vespa akan tetap kuat di pasar roda dua di Indonesia meski beberapa competitor menelurkan model-model skuter bergaya retro. Bahkan di saat pertumbuhan roda dua nasional dibawah dua digit, pertumbuhan Vespa justru menembus dua digit pada tahun lalu.

Capaian tersebut tidak terlepas dari perkenalan line up produk terbaru sepanjang 2019, ditambah kerjasama yang solid dengan partner dan dealer-dealer Piaggio di Indonesia, termasuk memastikan ketersediaan sukucadang dan aksesoris-aksesoris yang stylish.

“Kalau di market Indonesia pertumbuhan sepeda motor single digit, di bawah 10 persen. Tapi untuk Piaggio Indonesia, dengan strategi tersebut, bisa dikatakan bahwa kami bangga bisa di atas ekspektasi kami. Kami berada di solid double digit. Itu semua hasil dari strategi yang sudah dijalankan,” tutup Marco.

(kpl/nzr/ahm)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami