Velg Aluminium Truk Aloca Tawarkan Keuntungan Berantai

GIICOMVEC 2018 menjadi ajang bagi industri kendaraan komersil dan pendukungnya untuk unjuk inovasi.

Sabtu, 03 Maret 2018 20:45
Foto: Hafid
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - GIICOMVEC 2018 menjadi ajang bagi industri kendaraan komersil dan pendukungnya untuk unjuk inovasi. Hal ini dimanfaatkan PT Paduan Goedi Sinar Indonesia (PGSI) selaku agen resmi distributor Alcoa Wheel di Indonesia untuk memperkenalkan produknya. Alcoa Wheel merupakan perusahaan yang memproduksi velg untuk truk, bus dan mobil sport.

"Alcoa sebenarnya perusahaan pembuat aluminium dan juga pembuat rangka pesawat dan luar angkasa. Namun, Alcoa juga membuat produk velg bus, truck dan mobil sport, yang mana divisi hanya ini mencakup 3 persen dari perusahaan Alcoa itu sendiri," jelas R.Bagus Yoki selaku Sales Executive PT PGSI.

Velg yang ditawarkan terbilang cukup menarik. Jika biasanya velg yang digunakan truk dan bus di Indonesia menggunakan baja, Alcoa memanfaatkan aluminium sebagai bahan bakunya.

Adapun proses yang digunakan Alcoa yaitu dengan penempaan. Proses pembuatannya terbilang sederhana. Billet aluminium yang sudah dipotong sesuai ukurannya dicetak menggunakan mesin tempa dengan tekanan sebesar 8 ribu ton. Pencetakan ini tak hanya bertujuan membentuk menjadi velg, namun juga memampatkan material aluminium agar menjadi lebih kuat.

Selanjutnya, velg yang setengah jadi memasuki proses CNC. Di mana proses ini bertujuan untuk memberikan lubang dan membuat velg menjadi lebih presisi lagi. Terakhir velg hanya dipoles untuk mendapatkan tampilan lebih bersih.

Meski terbuat dari aluminium, velg Alcoa dikatakan Bagus memiliki banyak kelebihan. Tak hanya lebih ringan, velg aluminium Alcoa lebih kuat 5 kali daripada velg baja (berdasarkan pengujian dari Alcoa).

"Bobotnya lebih ringan, sebagai gambaran satu velg steel itu bobotnya sama dengan 2 velg aluminium," jelas Bagus.

Bobot yang lebih ringan dikatakannya memiliki keuntungan berantai mulai dari memperingan kinerja mesin dan berkurangnya tekanan kepada ban.

"Jatuhnya kalau ringan, bobotnya ke ban dan kinerja mesin itu tidak berat. Ban tidak cepat aus. Ke kampas rem juga tidak cepat habis, karena ini menyerap dingin lebih cepat," jelas Bagus.

Untuk harga, satu velg Alcoa dibanderol Rp 4 juta. Harga ini diakui Bagus memang lebih mahal dibanding velg baja yang biasanya dihargai Rp 1 jutaan sampai Rp 2 jutaan.

"Memang harganya lebih mahal. Tapi keuntungan yang didapatkan jangka panjang. Mulai dari bahan bakar lebih hemat karena kinerja mesin lebih ringan dan sebagainya," jelas Bagus.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fid/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami