Valentino Rossi jelaskan kronologi kecelakaan enduro

Valentino Rossi akhirnya blak-blakan soal kronologi kecelakaan yang ia alami saat berlatih enduro di Italia pekan lalu, yang membuatnya harus absen di seri kandang, MotoGP San Marino.

Jum'at, 08 September 2017 10:00
Valentino Rossi (c) AFP
Editor :

Otosia.com - Pembalap Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi akhirnya blak-blakan soal kronologi kecelakaan yang ia alami saat berlatih enduro di Italia pekan lalu, yang membuatnya harus absen di seri kandang, MotoGP San Marino yang digelar di Misano World Circuit Marco Simoncelli akhir pekan ini.

Akibat kecelakaan ini, The Doctor mengalami patah tulang fibula dan tibia pada kaki kanannya, kaki yang pernah dirundung cedera serupa usai kecelakaan di sesi latihan MotoGP Italia di Mugello pada 2010. Ia pun harus istirahat selama 40 hari, dan harus absen di Misano dan setidaknya di Aragon, Spanyol.

"Saya sedang mengendarai motor enduro bersama teman-teman saya di tepian kota Urbino, tapi hal ini merupakan hal yang sudah saya lakukan sejak berusia 18 tahun bersama ayah saya. Jadi hal macam ini sudah saya lakukan sejak lama," ujar Rossi kepada MotoGP.com saat ditemui di markas VR46 Management di Tavullia, Kamis (7/9).
Valentino Rossi (c) MotoGP
"Saat sesi latihan nyaris berakhir, saya melaju dengan kecepatan yang sangat rendah di turunan. Tapi tampaknya saya menabrak sebuah batu, hingga hilang kendali dari stang motor. Agar tak terjatuh, saya meletakkan kaki di tanah, tapi karena saya tengah berada di turunan dan tengah melaju, maka patahlah tulang saya," ujarnya.

Sebelum MotoGP Italia di Mugello digelar pada Juni lalu, Rossi juga sempat kecelakaan saat berlatih motocross hingga dirundung trauma pada dada dan perut. Kritik tajam dari banyak pihak pun kian berdatangan, yang mempertanyakan mengapa Rossi masih saja mau berlatih off road di luar lintasan aspal.

Meski begitu, Rossi tetap yakin latihan motor tetap metode yang paling penting. "Kita sudah sering membicarakan hal ini. Bagi kami, para pembalap motor, metode latihan terbaik adalah mengendarai motor. Sayangnya, kurang lebih, mengendarai motor memang berbahaya. Tapi kami memang harus berlatih di atas motor karena ini penting," tutupnya. (mgp/kny)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami