V-Kool dan Segala Hal 'Ajaib' Soal Kaca Film Mobil

Ibarat benda, kaca mobil yang tidak dilapisi film, mirip dengan akuarium ikan atau etalase toko yang memang sengaja dipamerkan isinya.

Selasa, 23 November 2021 19:15
V-Kool dan Segala Hal 'Ajaib' Soal Kaca Film Mobil Kaca film V-KOOL (suprememotor)

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - 'Nyetir akuarium', kata-kata gurauan itu seketika terlontar ketika tim Otosia.com berdiskusi soal mobil tanpa kaca film.

Ibarat benda, kaca mobil tanpa lapisan film, mirip dengan akuarium ikan atau etalase toko yang memang sengaja dipamerkan isinya. Ya, serba transparan.

Seperti itulah gambaran singkatnya. Semua benda di dalam mobil akan kelihatan dari jarak pandang berapa pun, yang privasi saja seolah diumbar karena absennya sekat kabin antara dalam dan luar.

Makanya, kaca film itu adalah solusi, sama fungsinya seperti tirai kamar tapi dengan visibilitas ekstra agar tetap selamat untuk berkendara. Pun ada fungsi 'ajaib' lainnya yang mungkin orang-orang tak banyak mengira.

Seharusnya, selaras peredaran mobil di Tanah Air yang menjamur puluhan tahun lamanya, aplikasi film pada kaca mobil sudah menjadi kultur ketika membeli mobil anyar. Bahkan terkonversi menjadi kewajiban baik bagi mobil baru atau bekas, bila bertolok ukur pada ragamnya kejahatan di jalan saat ini. 

 

 

1 dari 4 Halaman

Nah, kaca film seperti apa yang harusnya dipilih?

Mobil dengan kaca film OEM V-KOOL (V-KOOL)

Ada satu merek kaca film yang cocok dipilih karena sampai saat ini membuktikan konsistensinya, serta menjadi brand OEM (Original Equipment Manufacturer) untuk delapan pabrikan mobil, mulai Toyota, Mitsubishi Nissan, Suzuki, Volkswagen, Kia, Jaguar hingga Land Rover.

Vice President PT V-KOOL Indolestari, Linda Widajaya, selaku distributor resmi V-Kool di Indonesia mengutarakan, "Teknologi V-Kool adalah yang terbaik sampai saat ini. Selama tiga tahun kami memasarkan V-Kool Silver Series, berbagai kerja sama dengan APM telah kami jalankan. Termasuk menjadikan kaca film produksi kami sebagai original equipment manufacturer (OEM) dari beberapa tipe mobil premium atau mewah."

Di satu sisi, automaker yang memilih V-Kool untuk dipasang pada produk mereka, jelas tidak akan asal tunjuk, atau cap-cip-cup yang penting cuan ketutup. Pun merek asal Amerika Serikat ini sudah berpengalaman selama lebih dari 26 tahun dan terpasang di jutaan mobil.

Artinya, berdasarkan pengalaman itu, brand V-Kool jelas terpercaya dan bolehlah direkomendasikan untuk mobil kesayangan.

2 dari 4 Halaman

Lalu, Apa Saja yang 'ajaib' dari V-Kool?

Ilustrasi dealer V-KOOL (V-KOOL)

Selain menjaga 'intipan' dari dunia luar, kaca film punya tiga kegunaan lainnya antara lain mereduksi panas radiasi sinar matahari, mencegah pecahan kaca yang hancur berhamburan bila kecelakaan, lalu biar mobil ganteng maksimal.

Sebagai gambaran, matahari memancarkan energi dalam bentuk cahaya, yang kemudiain terbagi menjadi dua; cahaya tampak (visible light) sebesar 44% dan cahaya tak nampak, seperti sinar ultraviolet (3%) serta infra merah (53%).

Tanpa kita sadari, ultraviolet yang jumlahnya terkesan kecil itu berpotensi bikin mata cepat lelah, memicu kanker kulit dan penuaan dini. Sedangkan sinar infra merah berlebih menimbulkan rasa panas pada kulit hingga serasa terbakar.

Bayangkan, bagaimana sensasinya bila tidak ada penangkal sengatan cahaya matahari langsung? Pasti kurang nyaman di dalam mobil.

Yang ajaib, V-Kool mengklaim bahwa produk-produk mereka dilengkapi teknologi canggih untuk menangkal semua masalah itu.

Mulanya Dr. Gene Woodard, peneliti asal Massachussetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat menemukan Spectrally Selective Technology di tahun 1970-an silam.

Peran teknologi ini menyeleksi gelombang yang tak berguna, lalu membendungnya. Gelombang yang dibutuhkan kemudian diloloskan agar mata masih bisa menangkap cahaya.

Temuan ini pernah dipakai pada lapisan kulit pesawat tempur B-2 untuk menghindari radar musuh, yang uniknya tetap mampu menerima gelombang radio untuk digunakan awak pesawat berkomunikasi dengan markas.

Proses produksinya memanfaatkan complex sputtered metalized, multi-layered dielectric coating yang diramu dengan Multi Chamber DC Magnetron Sputtering Machine untuk menghasilkan lapisan logam sangat tipis pada lembaran polyester.

Kombinasi banyaknya logam mulia beserta beragam lapisan-lapisannya, diklaim efektif menolak radiasi ultraviolet rata-rata 90-99% dan menahan infra merah mencapai 83,74 - 98%.

Contohnya saja V-Kool Diamond Series. Ini merupakan varian tertinggi dengan multi-layer sputtered metal yang diperkuat dengan emas, sehingga efektif memantulkan panas. Tipe ini dipercaya oleh Toyota untuk mobil-mobil kelas wahid mereka, layaknya Toyota Land Cruiser, Toyota Alphard, Toyota FT86 dan Toyota Fortuner.

Selain metal, ada juga Silver Series yang merupakan kaca film non metal dengan nano technology untuk mengadang infra merah atau Infra Red Rejection (IRR) secara efektif sampai 96%.

Saking matangnya teknologi V-Kool itu, brand ini pernah menerima penghargaan dari Popular Science sebagai salah satu "Top 100 Inventions in Millenium" di tahun 1999 lalu.

 

3 dari 4 Halaman

Hemat tapi ramah lingkungan

Teknologi V-KOOL (V-KOOL)

Para peneliti dari Curtin University Australia menemukan bahwa teknologi V-Kool bisa menurunkan temperatur kabin 10-12 derajat setelah parkir di bawah matahari selama 5 jam.

Efek totalitas perlindungan kaca mobil ini membuat kabin terasa lebih adem dan memaksimalkan fungsi mesin pendingin -- sekalian menghemat konsumsi bahan bakar serta bikin awet material interior mobil.

Temuan tersebut rupanya relevan dengan hasil penelitian Southwall Technologies Inc, Visteon dan US Department of National Renewable Energy Laboratory (NREL). Mereka mendapati bahwa kaca yang dilapisi V-Kool mampu menghemat bahan bakar kendaraan sampai 3% dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kenyamanan kabin lebih singkat 25%.

Di samping itu, pemakaian V-Kool turut diklaim ramah terhadap lingkungan sebab mengurangi emisi C02 sampai 132 Kg per tahun.

Bagusnya V-Kool tidak memberikan efek cermin sehingga jendela-jendela kendaraan bertahan dengan kesan naturalnya, sekaligus kelihatan enak dipandang mata.

Pun V-Kool menawarkan banyak varian dengan spesifikasi yang bisa dipilih sesuai kemauan, dari V-KOOL 70, 30, 10, 55, 40, VIP, X15, X05, Limited Edition, Diamond, Gold, Silver hingga OEM Series.

Fix, pakai V-Kool enggak lagi seperti 'nyetir akuarium' kan?

 

4 dari 4 Halaman

(kpl/sdi)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami