Usai Terendam Banjir, Begini Perlakuan Terhadap Jok Mobil

Jika jok mobil Anda sempat terendam banjir, perlu memperhatikan beberapa hal dalam membersihkannya, termasuk jika ingin menggantinya dengan baru

Jum'at, 03 Januari 2020 13:15
Usai Terendam Banjir, Begini Perlakuan Terhadap Jok Mobil Ilustrasi mobil terjang genangan air (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Akibat hujan ekstrem pada hari pertama tahun 2020 kawasan Jabodetabek mengalami musibah banjir dalam skala luas. Akibatnya beberapa kendaraan terendam dan hanyut terbawa derasnya air.

Kalau sudah begini, pemilik kendaraan akan gigit jari membayangkan perbaikan dan ongkosnya yang pasti tidak sedikit.

Bagian interior mobil yang terendam banjir selain merusak audio system, juga membuat jok atau karpet mobil menjadi kotor dan bau.

Jika jok mobil Anda sempat terendam banjir, perlu memperhatikan beberapa hal dalam membersihkannya, termasuk jika ingin menggantinya dengan baru.

1 dari 3 Halaman

Cek Kerusakan dan Bersihkan

Cek Kerusakan dan Bersihkan

“Jika masih menggunakan kain asli atau pabrik segera lakukan penggantian pelapis. Disarankan sintetik yang kuat dan tebal agar tidak mudah robek,” buka Ade Hikmatullah, Marketing & Promotion Total Synthetic Leather.

Namun sebelumnya seluruh kursi diangkat atau dilepas dari kendaraan dan cek satu persatu kerusakannya.

“Untuk kejadian banjir parah, bukan cuma jok, bersihkan seluruh karpet yang menempel di mobil. Jka tidak akan menyebabkan bau yang kurang sedap di lain hari,” terangnya.

2 dari 3 Halaman

Pakai PVC

Pakai PVC

Jika kurang yakin dengan membersihkan karpet mintalah diganti dengan PVC, usahakan berwarna gelap. Kemudian Hindari penggunaan karpet bludru karena cepat kotor dan dapat meresap air.

3 dari 3 Halaman

Cek Busa Jok

Cek Busa Jok

Anda juga bisa meminta seatmaker untuk mengecek busa jok. Atau sebelum dibungkus, keringkan di bawah terik matahari langsung sampai hilang rembesan airnya.

“Jika perlu ganti bagian busa yang sudah rusak dan pastikan busa yang digunakan sesuai aslinya. Jika ada peredam atau karpet yang masih tersisa di bawah lantai mobil segera dibersihkan dan diganti,” tutupnya.

(kpl/nzr/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami