Usai Kena PHK, Karyawan Nissan Malah Beli Grand Livina Baru

Nissan berencana akan melakukan PHK untuk 12.000 karyawan. Perampingan karyawan ini dilakukan di semua pabrk selain Jepang.

Selasa, 30 Juli 2019 22:15
Usai Kena PHK, Karyawan Nissan Malah Beli Grand Livina Baru All New Nissan Livina (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Mei 2019 lalu, Nissan sudah memangkas jumlah pekerjanya. Ada 4.800 karyawan yang dirumahkan. Hal ini menyusul anjloknya keuntungan Nissan akibat skandal mantan bos mereka, Carlos Ghosn.

Nissan kembali ramai dikabarkan akan melakukan PHK besar-besaran di seluruh dunia. Melansir Carscoops, penyebab PHK ini masih sama, lantaran keuntungan Nissan yang terus turun.

Menurut Reuters, laba kuartal pertama Nissan turun hingga 90 persen. Nissan juga disebut akan melakukan PHK untuk pabrik di luar Jepang. Rupanya Indonesia masuk dalam daftar negara yang terimbas PHK.

 

1 dari 1 Halaman

Sejak Sebelum Lebaran

Sejak Sebelum Lebaran

Salah satu pabrik Nissan yang terdampak program perampingan ini mengaku bahwa dirinya mendapatkan uang tunjangan sesuai yang dijanjikan.

"Karyawan yang kena PHK udah dapet uang pesangon. Dibayar Full. Langsung beli Grand Livina Baru untuk jadi sopir taksi online," katamantan karyawan Nissan yang enggan disebutkan namanya.

Pengurangan karyawan ini sudah dilakukan sejak sebelum Lebaran 2019. Hanya saja, tidak diketahui berapa jumlah karyawan pabrik Nissan di Indonesia yang di-PHK.

"Tadinya ada dua plant. Sekarang yang jalan hanya satu plant untuk produksi Datsun," katanya.

Penurunan laba Nissan ini adalah yang terburuk sepanjang 10 tahun terakhir.

Sumber: Liputan6.com

 

 

(kpl/tys)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami