Updated! 8 Mobil Terbaru Paling 'Hot' Menjelang IIMS 2014

Tinggal minggu depan, gelaran akbar Indonesia International Motor Show akan dibuka untuk publik Tanah Air. Sebelum itu, berbagai mobil baru telah dirilis dan siap memanaskan pasar roda empat Indonesia.

Sabtu, 13 September 2014 18:15
Updated! 8 Mobil Terbaru Paling 'Hot' Menjelang IIMS 2014 8 Mobil Terbaru Paling 'Hot' Menjelang IIMS 2014

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Tinggal minggu depan, gelaran akbar Indonesia International Motor Show akan dibuka untuk publik Tanah Air. Sebelum itu, berbagai mobil baru telah dirilis dan siap memanaskan pasar roda empat Indonesia.

Di belahan bumi lain, Moscow Motor Show merupakan salah satu pameran otomotif yang baru saja dihelat di dataran Nepal. Disanalah beberapa punggawa lahir dan beberapa dari mereka turut mengaspal di Indonesia.

Selain itu di Jepang yang merupakan rumah dari para pabrik raksasa otomotif dunia, berbagai varian pun ikut terlahir menyemarakkan bursa mobil saat ini.

Varian-varian itu pun tak asing dan juga banyak dijual di Indonesia. Sedangkan melihat pasar domestik sendiri sebenarnya sudah begitu ramai dengan seri anyar dan siap menantang kelahiran baru di IIMS 2014. Apa sajakah model-model tersebut? Berikut otosia merangkumnya untuk para pecinta otomotif di seluruh penjuru Nusantara.

1 dari 8 Halaman

All-New Nissan X-Trail

All-New Nissan X-Trail

Sang punggawa baru dari automaker Nissan ini akhirnya telah mengaspal ke Indonesia. Bertempat di salah satu pusat perbelanjaan elit di Jakarta Selatan pada Jumat (12/09), sang SUV berhasil memukau para pecinta roda empat yang menantikan sosok segar sekaligus nyaman dikendarai dengan berbagai fitur-fitur terbarunya.

Kehadiran All-New Nissan X-Trail tak pelak membuka cakrawala yang semakin panas di segmen SUV Nusantara. Apalagi sekarang pasar ini masih dikuasai oleh Honda, Mitsubishi dan Mazda.

2 dari 8 Halaman

Daihatsu Hijet

Daihatsu Hijet

Rumah dari para automaker dunia, Jepang sudah sangat wajar jika menjadi tempat lahir varian-varian anyar.

Daihatsu Hijet adalah salah satunya. Model jadul yang sekian lama tanpa ada pembaharuan itu, kini semakin mempesona setelah terlahir kembali dengan desain berkelas dan juga modern.

Setelah 15 tahun tanpa ada upgrade, lahirlah sebuah dimensi baru pick-up dengan bodi bongsor yang dikatakan 13 kali lebih besar dari model convensional. Selain itu, pihak Daihatsu dalam peluncuran Hijet tersebut juga sudah menyiapkan setidaknya tiga tipe 2WD dan empat tipe 4WD dengan jaminan kenyamanan berkendara berskala mobil angkut agrikultura.

3 dari 8 Halaman

Toyota Pixis

Toyota Pixis

Salah satu dari kembaran Daihatsu Hijet ini juga memiliki keistimewaan yang setimbang dibandingkan dua kembarannya. Ditijau dari segi fisik, antara Toyota Pixis dan Daihatsu Hijet bagaikan pinang dibelah dua yang hanya terlihat berbeda karena emblem ATPM-nya saja.

Pick-up dengan daya angkut besar ini juga didukung oleh efisiensi bahan bakar yang mumpuni. Dari pantauan beforward.jp, ia semakin nyaman dengan konsumsi bahan bakar mencapai 19,6 km/liter. Tak heran jika pick-up ini sangat cocok sebagai salah satu andalan angkutan niaga.

4 dari 8 Halaman

Subaru Sambar

Subaru Sambar

Kembaran terakhir yang tergolong dalam trio pick-up kembar asal Jepang adalah Subaru Sambar. Meski ada minor change dari fisiknya, secara umum Subaru Sambar masih satu rumpun dengan Daihatsu Hijet dan Toyota Pixis.

Segala piranti andalannya ditujukan khusus untuk para pengusaha yang mendambakan mobil angkutan barang yang tidak hanya nyaman saat bermuatan, tapi juga memuaskan untuk daily-driving.

Hal ini semakin ditunjang dengan perangkat baru Subaru berupa front suspension yang dipercaya memberikan peningkatan stabilitas berkendara plus kapasitas bak belakang yang lapang.

5 dari 8 Halaman

Datsun GO Hatchback

Datsun GO Hatchback

Datsun GO Hatchback rupanya telah terlebih dahulu membawa aura segar di segmen citycar lokal. Setelah diluncurkan di Indonesia, beberapa waktu kemudian, Nepal giliran menjadi tujuan berikutnya yang juga turut dibongkarnya Datsun GO on-Do di mi-Do di negara tersebut.

Varian yang di Indonesia dikatagorikan sebagai salah satu dalam jajaran mobil murah ramah lingkungan (LCGC) ini memiliki mesin yang sama dengan saudaranya, Nissan March.

Dapur pacu tersebut memiliki formasi tiga silinder berkapasitas 1.2 liter berbahan bakar bensin. Dari sontekannya di jalanan, bisa ditemukan kekuatan penuh mencapai 67 hp yang dibarengi dengan letupan torsi sebesar 10 kgm.

6 dari 8 Halaman

Suzuki Escudo

Suzuki Escudo

Dengan memakai flagship Suzuki Escudo, automaker raksasa asal negeri sakura itu meluncurkan desain upgrade yang memakai nama lengkap Suzuki Escudo Land Breeze. Sosok inilah yang kini diperkirakan menjadi pendukung pasar SUV Suzuki sebelum akhirnya nanti akan disokong oleh kehadiran All-New Suzuki Vitara.

Menilik dapur pacunya, sang SUV anyar ini telah dikembangkan dengan mesin 2.4 liter berbahan bakar bensin dengan gelontoran tenaga mencapai 164 hp plus letupan torsi sebesar 215 Nm. Selain itu ia juga kian bertenaga dengan tersedianya varian berpenggerak 4WD.

7 dari 8 Halaman

Toyota Mark X

Toyota Mark X

Namanya yang tak begitu akrab seolah mencirikan sebuah spesies baru dari automaker raksasa Toyota. Tapi sebenarnya Toyota Mark X sudah ada sejak tahun 2009 lalu. Hanya saja, ia hanya dijual untuk pasaran lokal Jepang saja sehingga tidak terlalu dikenal oleh telinga otomotif dunia.

Dalam seri produksi 2014 ini, Mark X dianugerahi dengan label baru bercorak kuning spesial. Tapi tidak menutup kemungkinan akan dihadirkan pula warna hitam, putih dan silver.

Spesial kuning dari seri teranyar ini rupanya diadaptasikan dari sosok heroik Kill Bill. Sehingga tidak heran jika Toyota menggunakan karakter sporty pahlawan layar kaca itu sebagai media promo klip di negara Sakura.

8 dari 8 Halaman

Isuzu MU-X

Isuzu MU-X

Varian sangar terakhir yang cukup fenomenal di pasar Tanah Air ini telah mengaspal di Indonesia dengan penampilan yang fenomenal. Sosoknya memang menggoda, apalagi statusnya sebagai CBU (Complete Built Up) yang diimpor lansung dari Thailand.

Dengan moto 'The Real 7-Seater', punggawa terbaru 'Rajanya Diesel' ini siap menantang Pajero Sport dan Toyota Fortuner di tahta teratas SUV 7-penumpang di pasar lokal Indonesia.

Beberapa fitur yang terbilang cukup modern saat ini adalah Anti-lock Brake System, Electronic Brakeforce Distribution, Electronic Stability Control, Traction Control System dan juga Brake Assist. Semua fitur tersebut dipercaya akan menghadirkan cita rasa yang spesial bagi pengendaranya.

(kpl/sdi)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami