Untung Rugi Pilih Ban Tubeless atau Tube Type Buat Mudik

Mudik membawa sepeda motor ke kampung halaman mesti juga memilih tipe yang tepat. Pilihan paling mendasar itu tentu saja apakah modelnya tanpa ban dalam atau tubeless atau yang memakai ban dalam, tube type.

Sabtu, 19 Mei 2018 08:15
Foto Ilustrasi by Dimas Wahyu
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Mudik membawa sepeda motor ke kampung halaman mesti juga memilih tipe yang tepat. Pilihan paling mendasar itu tentu saja apakah modelnya tanpa ban dalam atau tubeless atau yang memakai ban dalam, tube type.

Kalau naik motor di kota-kota besar, tentu saja pilihannya mudah untuk memilih ban tubeless. Soalnya, bengkel-bengkel tambal ban dengan kemampuan perbaikan untuk yang satu itu sudah umum.

Namun, bukan berarti yang tube type tidak ada untungnya, seperti dikatakan Jimmy Handoyo, Technical Development Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI), produsen ban FDR.

"Tergantung kondisi daerah di mana kita akan mudik. Apabila daerah tersebut cukup banyak tempat tambal ban tubeless, maka sebaiknya pakai ban yang tipe tubeless karena lebih aman," ujarnya.

Dengan begitu, kata dia, saat ban bocor, maka pengendara punya kesempatan untuk menambalnya di tempat tambal ban.

"Namun apabila daerahnya masih jarang tempat tambal ban tubeless, maka pakailah ban tipe tubetype," tambah dia. Ia juga menyarankan agar pengendara membawa ban dalam cadangan. 

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/why/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami