Uji Tabrak Toyota Rush, Hasilnya Mengejutkan

Bukan hanya soal tenaga ataupun desain yang diperhatikan saat membeli sebuah mobil baru. Faktor sistem keselamatan mobil tersebut juga penting diperhatikan karena menyangkut keselamatan pengemudi dan penumpang.

Rabu, 18 Juli 2018 18:15
Foto by ASEAN NCAP
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Bukan hanya soal tenaga ataupun desain yang diperhatikan saat membeli sebuah mobil baru. Faktor sistem keselamatan mobil tersebut juga penting diperhatikan karena menyangkut keselamatan pengemudi dan penumpang.

Untuk membuktikan seberapa baik sistem keselematan pada mobil, terlebih mobil dengan model baru biasanya akan dilakukan pengujian. Salah satunya melalui ASEAN New Car Assessment Program (NCAP).

Beberapa mobil dengan model baru melakukan serangkaian tes untuk membuktikan dan menguji sistem keamanannya. Termasuk generasi teranyar Toyota Rush yang menguji dan mendapatkan predikat bintang 5 untuk sistem keselamatannya.

Foto by Toyota Astra Motor

Melansir Autodeal.com.ph, Toyota Rush mendapatkan skor hingga 84,03 dan membuatnya mendapatkan predikat 5-star dalam tes pengujian tersebut.

Apa yang membuat Rush bisa memiliki predikat yang sama dengan Toyota C-HR?

Tambahan 4 lebih airbag pada sisi samping dan tirai untuk penumpang, ditambah dengan electronic stability control (ESC), dan seatbelt safety reminders untuk pengemudi dan penumpang pada seluruh varian Rush.

Penilaian dalam ujian tersebut dilakukan dengan melihat tiga faktor yakni, adult occupant protection (AOP), child occupant protection (COP), dan safety assist. Berdasarkan website resmi ASEAN NCAP, pengujian yang dilakukan pada April 2018 lalu itu adalah tes untuk kedua kalinya.

Pengujian pertama Toyota Rush, dilakukan pada 2015 dan mendapatkan predikat 4-star baik kategori adult maupun child occupant protection. Selanjutnya Toyota Rush melakukan imprrovisasi yang signifikan, terutama pada struktur crashworthiness dan berhasil mendapat skor 43,25 poin untuk AOP dari skor penuh 50 poin.

Dengan skor keseluruhan 84,03 poin artinya Toyota Rush 2018 memenuhi syarat untuk mendapat peringkat 5-star ASEAN NCAP.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami