Tugas-tugas Cadalora jadi pelatih Valentino Rossi

Belakangan, Luca Cadalora menjadi sorotan setelah ditunjuk Valentino Rossi sebagai pelatihnya. Apa sih tugas-tugasnya? Kita simak, Bolaneters!

Sabtu, 30 April 2016 11:15
Luca Cadalora dan Valentino Rossi (c) AFP
Editor :

Otosia.com - Belakangan, tiga kali juara dunia, Luca Cadalora menjadi sorotan usai ditunjuk Valentino Rossi sebagai pelatih pribadi. Keputusan The Doctor inipun membuat Cadalora menjabat sebagai rider performance analyst Movistar Yamaha MotoGP, persis seperti jabatan Wilco Zeelenberg untuk Jorge Lorenzo.

Cadalora resmi menjadi pelatih Rossi sejak Februari lalu, di mana ia berada di garasi Yamaha saat uji coba pramusim. Menurut Rossi, kehadiran Cadalora sangat berpengaruh pada performa dominannya di Jerez, Spanyol akhir pekan lalu, di mana ia meraih kemenangan dari pole.

"Saat sesi latihan digelar, saya mengikuti aksi Vale dari service road. Saya mempelajari garis balapnya, dan mencoba memahami area mana yang bisa ia perbaiki. Tapi saya juga menyukai sisi teknis, mencoba memahami reaksi motor di sektor yang berbeda di lintasan," ujar Cadalora kepada Cycle World.
Luca Cadalora dan Valentino Rossi (c) AFP
Meski begitu, pria asal Italia ini tak serta merta memberikan nasihat kepada Rossi, melainkan lebih menuju ke arah diskusi. "Ketika kami pergi ke sirkuit yang belum pernah saya kunjungi, justru Vale yang awalnya akan menjelaskan bagaimana untuk berkendara di sana, titik-titik penting, atau di mana ia biasanya kesulitan," tambahnya.

Cadalora pun mengaku dirinya harus membawa peta saat Rossi berada di lintasan, fokus pada area tertentu dari sesi ke sesi, demi melihat hal-hal yang tak ditunjukkan data di komputer Yamaha. "Pada masa sekarang, tim balap punya data yang sangat banyak, dan saya mencoba memberi "data" yang lain," tuturnya.

"Saya suka melihat data, namun peran spesifik saya di sini adalah mencari sesuatu yang tak bisa dilihat dari telemetri. Contohnya, data tidak akan menunjukkan apakah garis balap Anda satu meter lebih ke dalam atau satu meter ke luar. Tapi hal macam ini sangat berpengaruh di luar sana," tutup Cadalora. (cw/kny)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami