Tua-tua Keladi, Klub Jip Perang Dunia II Bantu Korban Tsunami

Mobil boleh tua tapi soal kegiatan tidak kalah dengan komunitas mobil kekinian. Kendati mobil lansiran jaman perang dunia kedua, komunitas jip lawas yang tergabung dalam Willys Owners Indonesia (WOI) tidak surut melakukan aktivitas terpuji.

Sabtu, 13 April 2019 15:15
Komunitas Jip (WOI)
Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Siaran Pers

Otosia.com - Mobil boleh tua tapi soal kegiatan tidak kalah dengan komunitas mobil kekinian. Kendati mobil lansiran jaman perang dunia kedua, komunitas jip lawas yang tergabung dalam Willys Owners Indonesia (WOI) tidak surut melakukan aktivitas terpuji.

Misalnya pada akhir pekan minggu lalu, WOI melakukan guyub yang dikemas dalam acara bertema Carita Charity Gathering. Tua-tua keladi, walau tua, mobil masih bisa ngegas bareng-bareng hingga daerah Carita, provinsi Banten.

Tercatat kegiatan amal ini diikuti lebih dari 40 kendaraan jip dari berbagai komunitas, Hadir dalam acara ini dewan pembina WOI, Jendral Pol Purn Nanan Soekarna.

Sebelumnya mereka berkumpul dan mengambil start di rest area Km 13.5 Karang Tengah. Setelah tiba di lokasi yang dituju rombongan WOI menyerahkan santunan ke Yayasan Yatim Piatu Al Gifari di kota Cilegon. Usai donasi, anggota beraga islam melakukan Sholat Jumat bersama dengan Kapolda Banten, Irjen Pol Tomsi Tohir.

"Kami berharap ada nilai kebersamaan yang akan terjalin baik. Apalagi melakukan kegiatan sosial bagi sudara kita terdampak bencana tsunami. Kami dari kepolisian menghimbau saat mengemudikan kendaraan WOI dapat memberikan contoh yang baik bagi keselamatan berkendara dan punya nilai manfaat apa yang telah dilakukan komunitas ini," kata Tomsi Tohir dalam sambutannya.

Puncak bakti sosial WOI adalah pemberian bantuan sebanyak 1 ton gula dan uang tunai Rp 100 juta kepada para korban tsunami, yakni Paguyuban Nelayan Obor (Pakubor), Kursin dan Payang Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Pandeglang.

"Saya telah melihat kerusakan yang telah dihasilkan oleh bencana tsunami. Banyak dari para nelayan tidak dapat melaut kembali karena banyak perahu yang rusak. Jadi kami mencoba memberi bantuan. Untuk WOI sendiri kegiatan ini merupakan agenda rutin dan kedepan WOI akan terus melakukan kegiatan semacam ini, tidak hanya touring senang -senang namun kita juga berbagi bagi sesama," ujar Albert Ibrahim selaku Founder WOI.

Selain itu para peserta touring WOI juga menyempatkan diri untuk melakukan cross country dengan tujuan rute eko wisata Gunung Malang, Serang, Banten.

"Kegiatan baksos yang dilakukan WOI sangatlah positif, tidak hanya kegiatan touring yang dikedepankan, WOI sangat mengayomi komunitas-komunitas Willys yang ada di Indonesia. Saya angkat topi untuk kegiatan yang dilakukan WOI, sukses terus untuk WOI," timpal Tubagus Urip Henus, ketua Wills Banten Community (WBC) selaku tuan rumah,

Kesuksesan kegiatan WOI kali ini pun tidak terlepas dari beberapa dukungan sponsor di antaranya, PT Krakatau Steel, PT Krakatau Posco, PT Latinusa TBK, Indorama, JWK, Agri dan Asia Pacific Fibers.

Tidak heran WOI diajak melihat proses pembuatan baja di PT Krakatau Posco, perusahaan baja Indonesia - Korea Selatan, PT Krakatau Steel dan factory visit ke PT Latinusa, perusahaan pembuat kaleng makanan dan minuman ringan.

"Saya atas nama pribadi dan tim Founder WOI mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para sponsor yang telah mensupport event ini dan mari kita terus berkarya demi Indonesia. Jaya selalu Indonesia ku," pungkas Albert.

WOI

Willys Owners Indonesia terbentuk berawal dari perjalanan dua orang sahaba Aan Darmujiyanto dan Albert Ibrahim yang lebih sering dikenal dalam komunitas Jeep dengan julukan The Brothers.

Perjalan lintas nusantara The Brothers menggunakan Jeep Willys memberikan kesempatan kepada dua sahabat ini berinteraksi dengan banyak teman dan komunitas, dengan mengunakan kendaraan Jeep Willys Ex-perang dunia ke dua.

Kedua sahabat ini ingin mengangkat potensi wisata dari berbagai macam destinasi di Indonesia dengan cara yang berbeda, mengangkat keindahan nusantara Indonesia dan keberagaman adat serta budaya yang sangat menginspirasi.

Seiring berjalannya waktu terjalinlah hubungan yang erat dengan para sahabat dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga tercetus ide untuk menyatukan persaudaraan para pemilik Willys yang ada di berbagai daerah pulau di Indonesia.

Berkat dukungan berbagai pihak pemilik Willys di Jakarta maupun di luar daerah, maka dengan semangat kebersamaan, kesetaraan, persatuan dan persaudaraan terbentuklah wadah perkumpulan pemilik willys di Indonesia dengan nama Willys Owners Indonesia (WOI) pada tanggal 8 Oktober 2017 di Museum Satria Mandala, Jakarta Selatan.

Pembentukan organisasi WOI sendiri dihadiri sebanyak 36 orang yang mewakili 14 daerah di antaranya, Lampung, Blitar, Makasar, Padang, Bandung, medan, Surabaya, Sumba, Subang, Karawang, Bogor, Cianjur, Jambi dan Jakarta.

Tujuan WOI sendiri merupakan sebagai wadah berkumpulnya pemilik kendaraan Jeep Willys dari seluruh wilayah di Indonesia, dimana anggotanya adalah para pemilik kendaraan yang telah tergabung dalam komunitas maupun klub dari setiap daerah yang tidak masuk dalam komunitas.

Baca Ini Juga Dong Otolovers

 

 

(kpl/prl/ahm)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami