Trik Siasati Aturan Ganjil Genap Tanpa Beli Mobil Lagi

Adanya aturan ganjil genap memaksa para pengguna jalan tak bisa melintas di jalanan tertentu jika pelat nomor mereka tidak sesuai. Untuk menyiasatinya, ada beberapa cara.

Rabu, 09 Oktober 2019 19:45
Trik Siasati Aturan Ganjil Genap Tanpa Beli Mobil Lagi Ganjil genap (Liputan6.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Perluasan sistem ganjil genap cukup memusingkan bagi beberapa orang. Perluasan itu berlaku untuk 25 ruas jalan di Jakarta, selama jam sibuk pada hari kerja.

Tujuannya untuk memperbaiki kondisi lalu lintas kota, kualitas udara dan kondisi lingkungan. Untuk menyiasati perluasan sistem ganjil genap, ada yang rela membeli mobil lagi dengan pelat nomor berbeda dengan kendaraan sebelumnya.

Solusi lainnya sebenarnya bisa memanfaatkan adanya transportasi umum. Tapi mungkin pilihan ini masih dianggap cukup merepotkan bagi sebagian orang.

Nah jika tak ada anggaran untuk membeli mobil lagi dan tak mau memilih transportasi umum, ada trik lain untuk menyiasati aturan ganjil genap. Pengguna jalan bisa memanfaatkan Waze.

Sebagai perangkat digital, Waze mengaku akan selalu menyediakan akurasi waktu nyata dan merefleksikan kondisi nyata di jalanan, sehingga mampu menjadi solusi berkendara harian.

1 dari 1 Halaman

Dukungan 500 Map Editor

Dukungan 500 Map Editor

Keakuratan Waze ini didukung oleh 500 Map Editor lokal di seluruh Indonesia. Sehingga Waze bisa memastikan kondisi jalan, destinasi, dan rute yang selalu diperbarui secara tepat waktu, termasuk kebijakan perluasan area ganjil genap.

"Cukup dengan memilih destinasi dan mendaftarkan nomor kendaran, pengguna Waze saat ini akan dibantu dengan rute-rute tercepat. Waze selalu berupaya menjadi solusi navigasi yang mudah dan senantiasa membantu pengemudi," kata Country Manager Waze Indonesia, Marlin R Siahaan, dikutip dari Liputan6.com.

Sebelum pelaksanaan kebijakan perluasan ganjil genap, Map Editor telah melakukan pembaruan peta di aplikasi Waze berdasarkan informasi awal yang dikumpulkan dari media.

Namun, pembaruan ini terlebih dahulu dikunci karena masih dalam tahap sosialisasi. Ketika telah resmi diberlakukan, maka semua pembaruan langsung dibuka dan seluruh pengguna Waze bisa melihatnya, serta bisa menghindari rute-rute tertentu hanya dengan memasukkan dua angka terakhir (untuk mengetahui pelat ganjil-genap) dari nomor kendaraan mereka.

Semua pembaruan jalan yang dilakukan oleh para Map Editor pada dasarnya mengikuti regulasi lalu lintas yang diberlakukan oleh pemerintah setempat, termasuk perluasan aturan ganjil genap.

"Berkat para Map Editor, peta Waze selalu diperbarui, menggambarkan kondisi jalanan terkini, untuk menyiasati jalanan Jakarta dan kebijakan ganjil genap. Pengemudi yang menggunakan Waze bisa memastikan bahwa mereka berkendara dengan aman, sesuai peraturan dan yang terpenting menghindari lalu lintas yang buruk," tandas Marlin.

Sumber: Liputan6.com

 

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami