Transformasi Mobil Kepresidenan Indonesia, dari Soekarno hingga Jokowi

Spesifikasi mobil kepresidenan tentu tak bisa sembarangan. Termasuk mobi kepresidenan di Indonesia.

Senin, 01 Juli 2019 20:45
Transformasi Mobil Kepresidenan Indonesia, dari Soekarno hingga Jokowi Mobil Kepresidenan Indonesia dari masa ke masa (Liputan6.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Spesifikasi mobil kepresidenan tentu tak bisa sembarangan. Termasuk mobi kepresidenan di Indonesia. 

Mobil yang menggunakan nomor polisi RI-1 itu memiliki spesifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan penumpang VVIP. 

Hanya saja setiap Presiden, menggunakan mobil yang berbeda-beda, sesuai dengan zamannya. Berikut ini mobil kepresidenan dari zaman Presiden Soekarno sampai Presiden Joko Widodo:

 

1 dari 4 Halaman

Presiden Soekarno

Presiden Soekarno

Mobil Presiden pertama RI Soekrno, menggunakan mobil buatan Amerika Serikat, Buick-8. Mobil Presiden Soekarno itu diketahui merupakan tipe Limited-8, yang dibuat pada 1939. Buick-8 bukan mobil biasa, di zamannya ini cukup tangguh karena dibenamkan mesin 5.247cc. 

Ada cerita unik soal mobil kepresidenan Soekarno. Ternyata mobil tersebut bukan dibeli negara, melainkan apda tahun 1945, Buick-8 diemukan di belakang kantor Departemen Perhubungan Masa Penduduk Jepang, yang saat ini disebut kantor Direktorat Jendral Perhubungan Laut, di jalan Merdeka Timur, Jakarta.

Tidak hanya itu, beberapa mobil Presiden Soekarno lain yang dipakai untuk dinas adalah Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13, Zil 111, Lincoln Cosmopolitan (imosin cabrio), dan Chrysler Imperial. Mobil bersejarah ini kini disimpan di Museum Gedung Joang 45 Menteng 31, Jakarta. Kondisinya cukup apik dengan warna hitam mentereng. 

2 dari 4 Halaman

Presiden Soeharto

Presiden Soeharto

Kemudian di masa kepemimpinan Presiden Soeharto, mobil kepresidenan yang dipakan adalah Mercedes-Benz 500SEL. Mercedes-Benz 500SEL memiliki spesifikasi keamanan tingkat tinggi. Mobil ini juga pernah digunakan Presiden AS Bill Clinton hingga Ratu Elizabeth II. 

Mobil kepresidenan Soeharto juga telah dilengkapi kaca anti peluru. Bodinya juga dilapisi baja dan platina hitam, sehingga tahan serangan peluru, mortir dan guncangan. Mercedes-Benz 500SEL mengusung mesin M117.963 8-silinder berkapasitas 5.0L, yang mampu melaju hingga kecepatan 220 kpj. 

Pada tahun 1994, Soeharto mengganti mobil kepresidenannya menjadi Mercedes-Benz S600. 

3 dari 4 Halaman

BJ Habibie, Gus Dur, Megawati

BJ Habibie, Gus Dur, Megawati

Mercedes-Benz S600 yang sebelumnya menjadi mobiil kepresidenan Soeharto, kemudian dipakai oleh BJ Habibie. Lalu mobil tersebut menurun dipakai oleh Abudrahman Wahid alias Gus Dur, dan Megawati Soekarnoputri. 

Mercedes-Benz S600 itu juga dibekali kaca dan bodi antipeluru seperti mobil sebelumnya. 

4 dari 4 Halaman

SBY dan Jokowi

SBY dan Jokowi

Di era Presiden SBY, mobil kepresidenan yang dipakai adalah Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Mobil ini disebut memiliki lisensi perlindungan B6/B7 yang merupakan standar proteksi keamanan tertinggi dari sebuah mobil. 

Ketangguhan Mercy S600 Pullman Guard ini lebih canggih dan tetap mampu menahan temabakan dari senapan, mortir, granat, hingga serpihan ledakan bom. 

Tak hanya kaca dan bodi yang antipeluru, ban mobil ini juga masiih bisa dipakai melaju sejauh 60 kilometer dalam kondisi kempes atau bocor. 

Mobil ini juga dilengkapi sistem pemadam kebakaran yang mampu mengunci titik penyebaran api serta panic alarm system untuk memberitahu saat ada ancaman. Pada bagian kaca depan dan jendela belakang mobil ini tahan panas, sistem adjustable doorhold di keempat pintu, dan otomatis ditarik dan ditutup pada pintu belakang, serta tirai belakang elektrik. 

Meski memiliki bobot mencapai 4.200 kilogram, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard mampu melesat dengan kecepatan puncak 210 kpj. Mobil ini juga masih dipakai di era Presiden Jokowi saat ini.

Sumber: Merdeka.com

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami