Transformasi Mazda MX5 Stance Daily

Mengusung konsep Stance Daily Mazda MX5 keluaran tahun 2012 milik Ican ini dirombak cukup unik.

Senin, 07 Desember 2015 20:15
Transformasi Mazda MX5 Stance Daily Modifikasi Mazda MX5 (Foto: Hafid)

Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Mengejar tampilan elegan, Mazda MX5 keluaran tahun 2012 milik Ican ini dirombak cukup unik. Mengusung konsep Stance Daily, ubahan yang dilakukan Ican terbilang cukup rumit.

Meski begitu, ia tetap mempertahankan fungsionalitas sehingga kendaraan masih bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Lantas apa saja modifikasi yang dilakukan terhadap mobil yang memiliki nama lain Miata ini?

image

1 dari 4 Halaman

Eksterior

Eksterior

Mazda MX5 yang sudah tampil sporty dan elegan ditransformasi sekaligus ditingkatkan dengan pelebaran fender depan dan belakang. Hal ini membuat rupa MX5 menjadi sedikit lebih bongsor, namun tak menghilangkan kesan sporty.

Ican kemudian memberikan sentuhan karbon dengan mengganti kulit atap. Material ini dibiarkan terpapar tak tertutupi cat, sehingga aura sporty semakin tegas. Selanjutnya, seluruh sisi mobil ikut dirombak dengan penambahan splitter dan diffuser kustom.

Pengecatan menjadi bagian paling menarik. Soalnya, Ican memilih menggunakan cat yang cukup rumit untuk pengaplikasiannya. Cat berwarna hijau mengkilap dengan sentuhan emas menyelubungi seluruh bodi. Unikya, cat ini dapat terus berubah warna apabila terpapar panas dengan suhu tertentu. Bahkan menurut Ican, proses pengerjaan cat tersebut memakan waktu hingga 5 bulan.

"Total 15 kali trail and error saat pengaplikasian cat sampai akhirnya berhasil. Ini beda dengan cat biasa, karena harus diaplikasikan saat suhu dingin," ucapnya.

Spesifikasi Eksterior:

- Wided front dan rear fender

- Radiused front dan rear fender

- Carbon fiber top

- Mini Cooper side marker

- Replace third brake lamp

- Custom front lips

- Custom front splitter

- Custom side splitter

- Custom rear diffuser

- Custom rear splitter

- Custom green xirallic gold paint with temprature color change

2 dari 4 Halaman

Interior

Interior

Tak seperti eksterior, sektor interior tak mengalami perubahan banyak dan ekstrem. Kesan asli MX5 dipertahankan dengan tetap menjaga tatanan dashboard dan penggunaan jok orisinil. Hanya saja, agar kesan sporty semakin kental, pemilik Platinum Motorsport yang berlokasi di jalan Cipinang Muara 1 no. 49A, Jakarta Timur ini menggunakan material karbon pada dashboard dan doortrim.

Spesifikasi Interior:

- Carbon dashboard panel

- Carbon doortrim panel

3 dari 4 Halaman

Mesin

Mesin

Berbicara performa Mazda MX5, tentu tak perlu dipertanyakan lagi. Mesin berkapasitas 2 liternya mampu memacu mobil sangat cepat. Meski begitu, Ican ingin meningkatkan performa sekaligus efisien bahan bakar dengan penggunaan Dasteq Q+ Unichip.

Spesifikasi Mesin:

- Dasteq type Q+ unichip

- Dasteq type Q+ i-mobilizer

- Full HKS bolt on for mx5

4 dari 4 Halaman

Kaki-kaki

Kaki-kaki

Sektor kaki-kaki ikut mendapat perhatian Ican guna melengkapi tampilan MX5 miliknya. Pasalnya, tampilan eksterior yang cukup ekstrem dengan penggunaan fender besar dan sedikit menonjol memang ditujukan untuk memfasilitasi kaki-kaki.

Velg BBS RS berukuran 16 digunakan Ican. Namun, velg tersebut tidak langsung diaplikasikan. Ican kemudian merombak ukurannya menjadi 18 dan memperlebar tapak velg sehingga ban donat dapat terpasang.

Melengkapi tampilan stance, ia pun menggunakan coilover yang dipadukan dengan air suspension agar groundclearance menjadi lebih rendah, tapi masih bisa dipakai untuk transportasi sehari-hari.

Spesifikasi Kaki-kaki:

- Rebarreled slanted BBS RS from 16" to 18"x 9-10,5

- Custom STD coilover with universal air suspension kit

(kpl/fid/rd)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami