Toyota Suntik Mati Dua Mobil Murah, Ada Sedan dan Hatchback

Toyota menyudahi Etios dan Etios Liva karena kecilnya jumlah penjualan.

Sabtu, 15 Februari 2020 13:15
Toyota Suntik Mati Dua Mobil Murah, Ada Sedan dan Hatchback Toyota Etios Liva versi India (GaadiWaadi)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Toyota Kirloskar Motor dikabarkan akan menyuntik mati Toyota Etios dan Toyota Liva di pasar India. Dengan begitu, model untk segmen mobil murah di India dari Toyota tersisa Glanza.

Melansir GaadiWaadi, model konsep Toyota Etios sedan dan hatchback pertama kali dipamerkan saat Auto Expo edisi ke-10. Kala itu, model ini mendapatkan sambutan luar biasa positif dari pasar India, sehingga tak lama berselang Etios pun mulai diproduksi pada 2010.

Versi sedan pun menggunakan nama Etios dan hatchback menggunakan nama Liva. Kurang dari satu tahun, dua model itu mencapai penjualan ratusan ribu unit.

1 dari 2 Halaman

Maka itu, Toyota tak ragu untuk memperluas pemasaran model ini, hingga ke luar India. Termasuk Indonesia, Brazil, Afrika Selatan, dan Argentina.

Itu berarti 9 tahun Etios beredar di pasaran. Selama itu, hanya tiga kali Etios mendapatkan ubahan. Tapi tak signifikan, bahkan terkesan tak ada yang berubah.

2 dari 2 Halaman

Meski di awal mendapatkan sambutan luar biasa, Etios tak mampu membendung persaingan di segmen mobil compact ini. Pada 2014, pabrikan asal Jepang itu mencoba membuat Etios kembali menarik dengan menghadirkan varian cross. Tapi ternyata sia-sia, tak mendongkrak penjualan.

Selain itu, predikat mobil aman dari Global NCAP yang memberikan rating 4-bintang Etios pun tak bisa membuatnya menarik lagi. Ya, akhirnya Toyota pun memilih menyudahinya saja.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami