Toyota Starlet Mulai Diproduksi Pakai Mesin 1.200cc, Harga di Bawah Rp200 Juta

Toyota Starlet mulai diproduksi di fasilitas Toyota di Gujarat, India. Mobil hatchback ini akan dijual di Afrika menggunakan platform yang sama dengan Toyota Glanza dan Suzuki Baleno.

Kamis, 27 Agustus 2020 16:45
Toyota Starlet Mulai Diproduksi Pakai Mesin 1.200cc, Harga di Bawah Rp200 Juta Spy shot Toyota Starlet (Gaadiwaadi)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Mengisi segmen hatchback, Toyota Starlet di Indonesia sempat menjadi mobil yang diidolakan. Bahkan nama Starlet pun cukup istimewa di Tanah Air pada era 90-an.

Hatchback itu pun muncul pertama kali pada tahun 1985. Hingga pada akhirnya Starlet diskontinyu pada tahun 1999, dan digantikan dengan Toyota Yaris.

Kini rupanya nama Starlet kembali bergaung. Mobil dengan nama Starlet itu kembali diproduksi. Seperti dilansir dari Gaadiwaadi, Toyota Kirloskar Motor India memroduksi Toyota Starlet untuk pasar Afrika.

1 dari 3 Halaman

Gaadiwaadi.com

Diketahui Toyota Starlet ini merupakan kembaran dari Toyota Glanza yang merupakan hasil rebadge dari Suzuki Baleno. Sementara  hatchback premium yang dijual di India bernama Glanza, maka yang dijual di Afrika bernama Starlet. Begitulah gambarannya.

Secara desain keseluruhan, antara Glanza dan Baleno tak terlalu memiliki perbedaan yang signifikan. Perbedaan yang paling mencolok hanya ada pada bagian depan dan emblem Toyota dan Suzuki.

Begitu pula dengan Toyota Starlet nantinya. Hanya saja, jika Toyota Glanza dan Suzuki Baleno menggunakan velg dengan desain yang sama, tidak dengan Toyota Starlet.

2 dari 3 Halaman

Gaadiwaadi.com

Soal mesin pun, Toyota Glanza dan Suzuki Baleno juga menggunakan unit yang sama. Mesin 1.2L VVt bertenaga 82 bhp dan torsi 113 Nm dan 1.2L hybrid bertenaga 89 hp dan torsi 113 Nm.

Mesin itulah yang juga kemungkinan akan disematkan untuk Toyota Starlet. Mesin 1.200cc itu dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis CVT. Sedangkan mesin hybrid dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan.

3 dari 3 Halaman

Toyota Glanza (Carwale)

Toyota Glanza juga dijual dengan dua pilihan tipe, G dan V. Masing-masing memiliki dua pilihan mesin seperti yang disebutkan di atas.

Jika mengacu pada Glanza, Toyota Starlet mungkin juga akan dijual dengan harga yang tidak jauh berbeda. Tipe G dibandrol seharga INR 701.000 atau Rp 139 jutaan. Sementara Tipe V dijual seharga INR 896.000 atau Rp 178 jutaan (Kurs INR 1 = Rp 198).

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami