Toyota Sienta Janjikan Banyak Hal Menarik

Setelah sekian lama melenggang sendiri, Honda Freed akan segera kedatangan pesaing berat dari kubu Toyota.

Jum'at, 01 April 2016 09:15
Toyota Sienta (foto: Carbay)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Sienta, MPV 7-seater dengan pintu geser (sliding door) santer dikabarkan akan segera meluncur sebelum berlangsungnya pameran otomotif Gaikindo. Beberapa sales dealer Toyota bahkan ada yang memajang foto Sienta di media sosial, yang menandakan mobil ini akan segera dijual di pasar Indonesia.

Meski masih belum diketahui pasti seperti apa spesifikasi yang akan dipasarkan di Tanah Air, namun jika menilik spesifikasi standarnya, Sienta dibekali dua pilihan jantung mekanis. Yang pertama adalah dari keluarga mesin 2NR, tepatnya 2NR-FKE yang berkapasitas 1,5 liter. Mesin inilah yang pembuatannya dilakukan oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia di pabrik baru mereka yang terletak di kawasan Karawang, Jawa Barat. Dan kedua, yang terpasang pada sistem hybrid, 1NZ-FXE. Kedua mesin tersebut sama-sama memiliki kapasitas 1,5 liter. Untuk menyalurkan tenaga, sepertinya Sienta akan dibekali transmisi model CVT, yang akan menggerakan roda depan.

Di Jepang, selain mesin konvensional, Sienta juga dibekali sistem pengerak hybrid yang, menurut hasil pengujian Toyota, mampu menghasilkan angka konsumsi BBM sebesar 27,7 km/liter. Sebuah angka yang luar biasa untuk kendaraan penumpang biasa.

Seperti Freed, MPV ini juga memiliki konfigurasi tempat duduk untuk tujuh penumpang, serta atap yang meninggi ke belakang. Bentuk seperti itu menjanjikan keleluasaan bagi penumpangnya melalui headroom yang lega, meski keluasan kaki masih harus dibuktikan lebih lanjut setelah mobil ini muncul. Di beberapa pasar, Sienta juga dibekali dengan akses untuk pengguna kursi roda yang praktis. Namun di bagian depan, merujuk kepada spesifikasi yang beredar di Jepang, Sienta dibekali dashboard yang terlihat modern dengan tatanan yang mengingatkan pada dashboard Toyota Nav1.

Sebagai informasi, Sientqa yang hadir di Indonesia nanti adalah generasi kedua. Sebelumnya Sienta generasi pertama hadir sejak tahun 2003, hingga 2015 lalu, dengan mengalami satu kali facelift. Jika melihat generasi pertama, konsep sebuah Sienta memang kendaraan penumpang yang fleksibel dengan pintu geser, dan tidak merepotkan pemiliknya dalam hal perawatan.

Mesinnya berkapasitas 1,5 liter, yang berasal dari keluarga mesin NZ (1NZ-FE), seperti yang digunakan oleh Toyota Yaris. Dan berbeicara Yaris, sejak generasi pertama hingga yang paling baru ini, platform yang digunakan meminjam dari Yaris. Generasi terbaru Sienta juga memanfaatkan platform Yaris generasi baru.

Ada banyak hal menarik sepertinya dari Toyota Sienta yang bisa kita lihat saat diluncurkan nanti. Yang jelas Freed kini tidak bisa lagi melenggang tenang. Namun bagi Sienta juga perjuangannya tidak akan mudah, karena Honda di Jepang sudah mempersiapkan Freed generasi kedua yang dijadwalkan akan mendebut paling cepat akhir tahun ini. Jadi, seperti biasa, Honda mencari momentum kejenuhan pasar terhadap suatu produk dulu, baru 'merecoki' pasar tersebut.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/prl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami