Toyota Siapkan Bus Listrik Otonom untuk Olimpiade Tokyo 2020

Pada Olimpiade Tokyo 2020 mendatang, Toyota akan menyediakan bus listrik tanpa pengendara atau otonom, bernama Toyota e-Palette.

Jum'at, 11 Oktober 2019 19:45
Toyota Siapkan Bus Listrik Otonom untuk Olimpiade Tokyo 2020 Toyota e-Palette Olimpiade Tokyo 2020 (Carscoops.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Gelaran olahraga Olimpiade Tokyo 2020 semakin dekat. Event akbar ini dijadwalkan berlangsung pada 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang.

Pada Olimpiade Tokyo 2020, Toyota akan menjadi penyedia kendaraan untuk mendukung mobilitas di lokasi pertandingan, salah satunya ialah Toyota e-Palette.

Mengutip dari Carscoops.com, mobil ini adalah sebuah bus bertenaga listrik. Selain itu, hadir pula sistem berkendara otonom atau tanpa pengendara.

Menurut sumber yang sama, akan ada 20 unit Toyota e-Palette yang disiapkan bagi para atlet dan staff Olimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya, mobil ini telah diperkenalkan pada tahun 2018 lalu.

1 dari 2 Halaman

Libatkan Atlet

Libatkan Atlet

Menariknya, pengembangan Toyota e-Palette tak terlepas dari masukan para atlet terkait kebutuhan mereka terhadap mobilitas di sekitar area pertandingan.

Dari berbagai saran yang didapat, akhirnya Toyota e-Palette terlahir dengan pintu besar untuk mempermudah akses keluar masuk. Itu tak terlepas juga dari gelaran Paralympic 2020 yang diselenggarakan di Tokyo.

"Saat pengembangannya, para atlet terutama peserta Paralympic membantu kami untuk memahami bagaimana seharusnya e-Palette agar bisa memenuhi kebutuhan mobilitas yang simpel, mudah, dan nyaman, ujar Takahiro Muta, Kepala Pengembangan Toyota e-Palette.

Toyota e-Palette memiliki beberapa handrail, tempat duduk, dan ruang bagi para pengguna kursi roda. Kapasitas bus listrik otonom ini tercatat mencapai 20 orang.

2 dari 2 Halaman

Melantai di TMS 2019

Melantai di TMS 2019

Secara teknis, Toyota e-Palette dilengkapi dengan sistem otonom level 4. Pada tingkat ini, bus tersebut dibekali kamera, LiDAR, dan peta 3 dimensi dengan akurasi tinggi. Kecepatan maksimalnya mencapai 20 km/jam dengan jarak tempuh maksimum 150 km.

Meski demikian, tetap harus operator di dalamnya untuk memastikan laju dan sistem mobil ini. Sebelum bertugas di Olimpiade Tokyo 2020, Toyota e-Palette akan dipamerkan dalam gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2019 mendatang.

(kpl/crn)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami