Toyota Raize Mendarat di Singapura, Berikutnya Indonesia?

Toyota Raize terpantau sudah hadir di Singapura. Apakah berikutnya TAM juga akan mendatangkan Toyota Raize?

Sabtu, 11 Januari 2020 16:15
Toyota Raize Mendarat di Singapura, Berikutnya Indonesia? Toyota Raize (Facebook.com/ VINCAR)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Toyota Jepang pada November 2019 lalu telah merilis Toyota Raize. Mobil SUV ini menggunakan Daihatsu Rocky dan diciptakan sebagai penerus Toyota Rush di kelas entry-level.

Meski demikian, Toyota Raize terlahir dengan segudang fitur canggih, seperti collision warning function, blind spot monitoring, auto high-beam, parking assist, rear cross traffic alert, dan corner sensor.

1 dari 4 Halaman

Bahkan, Toyota Raize juga telah memiliki sistem semi-autonomous driving. Itu tak terlepas dari hadirnya fitur adaptive cruise control yang dipadu dengan lane keep control.

Secara fisik, Toyota Raize memiliki tampilan yang sporty dan kekinian. Desainnya cenderung menyudut dan dipadu dengan lampu-lampu LED. Mobil ini pun terbulang praktis berkat bagasi berkapasitas 369 liter.

2 dari 4 Halaman

Untuk urusan performa, Toyota Raize menggunakan mesin yang sama dengan Daihatsu Rocky, 3-silinder 1.000 cc DOHC turbocharger. Dapur pacu itu menyemburkan tenaga sebesar 98 hp dengan torsi maksimum 140,2 Nm.

Performa tersebut disalurkan melalui transmisi CVT dan transmisi manual 6-percepatan yang akan dihadirkan setelahnya. Ada dua sistem penggerak yang ditawarkan, 2WD dengan efisiensi 18,6 km/liter dan 17,4 km/liter untuk tipe 4WD.

3 dari 4 Halaman

Belum lama ini, Toyota Raize terpantau telah mendarat di Singapura. Unit tersebut merupakan tipe 1.000 cc XS yang didatangkan secara utuh dari negara asalnya Jepang.

Ya, mobil SUV tersebut tidak dijual oleh Toyota Singapura, melainkan dihadirkan oleh importir umum di Negeri Merlion bernama VINCAR. Foto tersebut juga diambil dari akun Facebook mereka.

4 dari 4 Halaman

Hanya saja, VINCAR masih merahasiakan harga Toyota Raize di Singapura. Lantaran diimpor secara utuh dan regulasi yang cukup ketat, kemungkinan besar banderolnya akan lebih tinggi dibanding di Jepang.

Lantas, akankah Toyota Raize nantinya juga ke Indonesia? Sebelumnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) telah menyebut bahwa kehadiran mobil ini di pasar otomotif Tanah Air tergantung pada Daihatsu yang membuat basisnya, Daihatsu Rocky.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami