Toyota Pilih Berdayakan Tenaga Manusia Ketimbang Robot!

Automaker raksasa asal Jepang, Toyota, baru-baru ini mengeluarkan pernyataan yang bisa dibilang fenomenal di industri mobil. Apakah itu?

Minggu, 13 April 2014 17:15
Ilustrasi: Proses pembuatan mobil (source by: carscoops, bloomberg)
Editor : Sony

Otosia.com - Automaker raksasa asal Jepang, Toyota, baru-baru ini mengeluarkan pernyataan yang bisa dibilang fenomenal di industri mobil. Bagaimana tidak, perusahaan sebesar dan secanggih Toyota menyatakan bakal menghentikan penggunaan robot dalam pabrik mereka dan lebih memilih untuk meningkatkan sumber daya manusia.

Memang tak bisa disangkal, jaman ini sering kali dibilang sebagai jaman yang serba praktis dan otomatis. Industri, tak hanya industri otomotif, yang memperbanyak jumlah pekerja otomatis alias robot dan mesin daripada tenaga manusia memang belakangan ini tengah menjamur.

Tak ingin terbawa arus modernisasi atau robotisasi itu, Toyota bertujuan untuk mengembalikan masa kejayaan manusia, khususnya di bidang otomotif. Dengan demikian, Toyota berharap agar para staf dan pekerja mereka dapat belajar dan mengembangkan skill serta kemampuan untuk meningkatkan proses dan kualitas produksi.

Cara yang terkesan tradisional memang, akan tetapi Mitsuru Kawai, insinyur veteran Toyota sekaligus pimpinan proyek tersebut, menyatakan pada Bloomberg bahwa ia ingin agar Toyota kembali melahirkan para 'master' yang paling ahli di bidang otomotif, yang di Jepang dijuluki sebagai 'kami-sama' yang artinya tuhan/dewa.

Mitsuru berpendapat bahwa mengoperasikan mesin dan robot yang bekerja secara otomatis sama sekali tak mencerdaskan pekerjanya. Mereka perlu menjadi master dengan pengetahuan dan skill yang mumpuni agar bisa 'mengajari' si mesin supaya dapat mencapai efisiensi dan kualitas kendaraan yang maksimal.

MASIH BANYAK BERITA MENARIK LAINNYA!

(kpl/sno)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami