Toyota Luncurkan MPV Voxy Terbaru, Ini Perubahannya

Selain peluncuran Fortuner 2.8 dan All New Land Cruiser 300 di Indonesia, Toyota juga meluncurkan model terbaru Voxy di Jepang.

Sabtu, 15 Januari 2022 12:15
Toyota Luncurkan MPV Voxy Terbaru, Ini Perubahannya New Toyota Voxy (Toyota)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Belum lama ini PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan secara bersamaan dua SUV terbaru Fortuner 2.8 dan flagship Toyota Land Cruiser 300.

Jika kedua SUV tersebut meluncur di Indonesia, Bagaimana dengan Toyota Voxy? Meski TAM belum merilis, Toyota Voxy terbaru lebih dulu meluncur di Jepang.

 

 

1 dari 7 Halaman

New Voxy mendapatkan banyak perubahan signifikan. Mulai dari bodi, sasis, dan terutama teknologi yang disematkan.

Melansir paultan.org, New Toyota Voxy menggunakan sasis baru berbasis Toyota New Global Architecture (TNGA) dengan kode GA-C. Pasalnya pemberian sasis khusus berimbas pada ruang kabin yang lebih luas pada MPV ini.

2 dari 7 Halaman

Eksterior

Sisi belakang New Toyota Voxy (Toyota)

Secara styling, mobil keluarga ini mengusung tampilan yang lebih agresif dan bold dibandingkan model sebelumnya. New Voxy diberi grill depan berwarna hitam yang mendominasi fascia depan.

Lampu depan ditempatkan di pojok grill, memberikan kesan menyatu. Lalu DRL LED di atasnya dibuat menyambung dari sisi kanan dan kiri dengan adanya garis krom memanjang. Untuk lampu belakang diberi warna hitam agar berkesan sporti dan mewah.

3 dari 7 Halaman

Yang menarik pilar C mobil keluarga ini dibuat 75 mm lebih lebar dan meninggikan atap interior menjadi 1.405 mm. Toyota mengklaim perubahan ini membuat kabin terasa lebih lapang.

Untuk kaki-kaki, model termahal dipasangkan pelek two tone bermotif kipas, sedangkan varian terendah mendapatkan pelek lima palang single tone yang lebih sederhana.

4 dari 7 Halaman

Interior

Interior New Toyota Voxy (Toyota)

Dari sisi interior, Toyota mengubah tampilan dasbor menjadi lebih modern dan up to date. Voxy paling anyar ini menapatkan sepasang cup holder pada tiap sisi dan panel AC digitalnya kini dibuat menyatu dengan tarikan garis dasbor.

Head unit kini berukuran 10.5 inci dan terintegrasi dengan sistem navigasi serta in-vehicle WiFi hotspots. Di sebelah layar sentuh, terdapat speedometer digital berwarna biru yang sudah menyatu dengan MID.

5 dari 7 Halaman

Toyota Voxy terbaru tersedia dengan pilihan 7 atau 8 penumpang. Versi 7 penumpang mengubah kursi baris kedua menjadi kursi kapten dengan armrest. Sementara 8 penumpang akan dipasangkan bench seat yang bisa menampung tiga orang.

Untuk mempermudah akses keluar masuk mobil, New Toyota Voxy menggunakan power sliding doors untuk pintu belakang. Tidak hanya itu, Toyota juga menawarlarkan kick sensor untuk membuka dan menutup pintu samping.

6 dari 7 Halaman

Teknologi

Ilustrasi fitur Advanced Park (Toyota)

Toyota Voxy diberikan banyak teknologi baru. Salah satunya adalah Toyota Safety Sense (TSS) yang mendeteksi potensi terjadinya benturan antara mobil dengan pejalan kaki, pesepeda, dan kendaraan lain.

Khsusus model dengan power sliding doors, opsi Safe Exit Assist with Door Open Control menjadi perlengkapan standar. Peranti ini mengingatkan para penumpang yang hendak keluar, di saat ada mobil yang akan lewat.

Ada juga peranti Toyota Teammate yang mencakup dua fitur, yakni Advanced Drive dan Advanced Park. Teknologi yang pertama membantu mengemudi pada saat terjadi kemacetan, lalu yang kedua membantu mobil keluar dari tempat parkir atau parkir mundur. Fitur ini bisa dioperasikan melalui smartphone.

7 dari 7 Halaman

Performa dan harga

Drivetrain New Toyota Voxy (Toyota)

Mobil boxy ini mengusung dua pilihan mesin. Pertama adalah mesin 1.800cc 2ZR-FXE hybrid dengan semburan tenaga 140 PS. Sementara pilihan kedua dengan dapur pacu 2.000cc Dynamic Force M20A-FKS yang menghasilkan tenaga 170 PS dan torsi 202 Nm.

Kedua pilihan mesit tersebut menyalurkan tenaga ke roda depan (FWD) atau seluruh roda (AWD) melalui transmsisi CVT.

Untuk harga, Voxy tipe S-G dengan mesin berbahan bakar FWD dibanderol mulai dari 3.090.000 Yen atau Rp 390 juta (dengan kurs 1 Yen = Rp 125,93), hingga tipe termahal S-Z bermesin hybrid AWD dijual 3.960.000 Yen atau Rp 498 juta.

(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami