Toyota Innova dan SUV Fortuner Dikabarkan Dapat Varian Hybrid Tahun Depan

Toyota akan mengembangkan varian hybrid dari Innova, Fortuner, dan Hilux

Jum'at, 23 April 2021 15:45
Toyota Innova dan SUV Fortuner Dikabarkan Dapat Varian Hybrid Tahun Depan Kijang Innova edisi 50 tahun kehadiran Toyota di Indonesia (TAM)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Kabar mengejutkan datang dari merek Toyota. Pasalnya produsen asal Jepang itu dikabarkan akan mengembangkan powertrain hybrid di pasar Asia Tenggara, secara khusus untuk diesel hybrid yang dikenal GD Hybrid.

Melansir Gaadiwaadi, seri mesin GD dipakai sejumlah model mobil, seperti Toyota Innova, Fortuner, dan pikap Hilux untuk varian mesin 2.4 liter 2GD-FTV dan 2,8 liter 1GD-FTV.

Jika melihat hal itu, artinya ketiga mobil tersebut termasuk dalam proyek ini. Selain itu, kabarnya pengembangan varian hybrid ini mulai membuahkan hasil pada kuartal kedua 2022.

1 dari 2 Halaman

Isu hadirnya Innova dan Fortuner hybrid ternyata sudah lama beredar, bahkan di Indonesia sudah sejak Desember 2020 lalu. Pasalnya Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), menyebut akan menghadirkan versi hybrid dari line-up yang sudah ada.

"Kalau kami pertimbangkan industri otomotif yang sudah ada, lebih baik kami hadirkan versi hybrid untuk line-up yang sudah beredar. Ini juga bisa untuk menjaga supply chain tetap ada dan teknologi baru bisa diadopsi. Jadi bisa sekalian untuk pasar domestik dan ekspor. Kira-kira sudah bisa terlihat arahnya ke model yang mana," terang Bob kala itu.

2 dari 2 Halaman

Mengacu pada pernyataan tersebut, ada kemungkinan bahwa teknologi hybrid berikutnya akan disematkan pada Toyota Innova dan Toyota Fortuner. Sebab keduanya memang laris di pasar otomotif lokal dan ekspor.

Terlebih lagi, Toyota Innova dan Toyota Fortuner memiliki kesamaan di sasis serta mesinnya. Kemungkinan besar, ketika salah satunya sudah menggunakan sistem hybrid, model lainnya akan mengikuti.

Untuk saat ini, berdasarkan situs resmi PT TAM, pabrikan asal Jepang tersebut tengah memasarkan 4 mobil hybrid di Indonesia, yakni Toyota Corolla Cross Hybrid, Toyota Corolla Altis Hybrid, Toyota C-HR Hybrid, dan Toyota Camry Hybrid.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami