Toyota India Masuki Babak Baru Industri Otomotif

Toyota Motor Corp. akan menjadikan India sebagai salah satu pusat ekspor globalnya. Pada bulan Maret mendatang, dari India Toyota akan mengirim Etios Liva Hatchback dan Etios sedan ke Afrika Selatan.

Rabu, 12 Oktober 2011 12:06
Logo Toyota
Editor : Anton
Kapanlagi.com - Toyota Motor Corp. akan menjadikan India sebagai salah satu pusat ekspor globalnya. Pada bulan Maret mendatang, dari India Toyota akan mengirim Etios Liva Hatchback dan Etios sedan ke Afrika Selatan.

Kedua model bermesin bensin itu menggunakan platform yang sama seperti yang diproduksi di India, namun dengan beberapa penyesuaian teknis dan fitur sesuai tuntutan dan persyaratan tiap negara tujuan ekspor.

"Dengan dimulainya ekspor, Toyota Kirloskar Motor memasuki babak baru dalam bisnisnya di India," kata Hiroshi Nakagawa, managing director Toyota Kirloskar Motor (TKM). Perusahaan ini dimiliki bersama TMC (89%) dan Kirloskar Group sisanya.

TKM memproduksi hingga 80,000 unit Etios pertahun di pabriknya di Bangalore, bermesin bensin maupun diesel . Tahun depan produksinya akan ditingkatkan menjadi 120,000 unit dan 210,000 unit pada 2013.

Saat ini mesin dan transmisi Etios masih didatangkan dari Jepang. Kelak akan diproduksi oleh Toyota Kirloskar Auto Parts, joint venture antara TMC, Toyota Industries Corp. dan Kirloskar Oil Engne Ltd. Untuk tahap awal akan diproduksi 100,000 mesin pertahun mulai triwulan pertama 2012 dan selanjutnya 240,000 unit pertahun mulai awal 2013.

TKM punya dua pabrik di Bangalore. Jika yang satu memproduksi Etios, pabrik lainnya, memproduksi Corolla Altis, Innova dan Fortuner. [Sumber: Toyota](kpl/bun)

KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami