Toyota GR Yaris Dirilis, Apa Istimewanya?

Toyota Jepang merilis Toyota GR Yaris di Tokyo Auto Salon 2020. Apa istimewanya mobil ini?

Jum'at, 10 Januari 2020 18:45
Toyota GR Yaris Dirilis, Apa Istimewanya? Toyota GR Yaris (Toyota)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Pada gelaran Tokyo Auto Salon 2020, Toyota Motor Corporation secara resmi merilis Toyota GR Yaris. Hatchback itu adalah versi on-road dari mobil yang akan mereka gunakan di ajang balap World Rally Championship (WRC) musim ini.

Mulai hari ini (10/1) telah membuka pemesanan Toyota GR Yaris. Seperti namanya, city car tersebut merupakan garapan dari divisi sport Toyota, yaitu Gazoo Racing (GR).

1 dari 4 Halaman

Bahkan, proses produksinya pun akan dilakukan di pabrik mereka di Motomachi, Jepang. Mengutip dari situs Toyota Global, fasilitas ini bertugas untuk merakit beragam jenis mobil sport Toyota.

Seperti versi standarnya, Toyota GR Yaris dibangun di atas platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Dengan kontruksi tersebut, handling mobil diklaim menjadi lebih baik dan sasisnya pun makin rigid, tanpa mengurangi keasyikan berkendaranya.

2 dari 4 Halaman

Penyempurnaan pengendalian itu dilakukan dengan merancang ulang keempat suspensinya. Di sektor belakang, Toyota GR Yaris pun dilengkapi dengan rear-track yang lebih lebar dibanding versi standarnya.

Di Toyota GR Yaris, platform TNGA ini dipadu dengan sistem sport 4WD GR-4. Hal itu tak terlepas dari upaya Toyota untuk meningkatkan performa mobil hatchback tersebut, baik di jalan aspal maupun off-road.

3 dari 4 Halaman

Ubahan lain pada Toyota GR Yaris ialah atapnya yang diperkuat dengan serat karbon. Untuk membentuk komponen tersebut, pabrikan asal Jepang ini menggunakan metode compound moulding sehingga mudah dibentuk.

Untuk meningkatkan performa, Toyota GR Yaris dijejali mesin baru 3-silinder inline 1.600 cc turbocharger. Konfigurasi tersebut menghasilkan torsi 360 Nm dan tenaga 268 hp serta hanya dikawinkan dengan transmisi manual 6-speed.

4 dari 4 Halaman

Di Jepang, harga Toyota GR Yaris 1st Edition mencapai JPY3,96 juta, setara Rp500 jutaan untuk varian RZ. Sedangkan Toyota GR Yaris RZ High Performance dibanderol JPY4,56 juta atau Rp576 jutaan (Kurs JPY1 = Rp126).

Toyota Yaris GR Sport RZ memiliki hanya dilengkapi dengan body-kit dan beberapa aksen hitam. Sedangkan tipe RZ High Performance dibekali velg forged-aluminium keluaran BBS dan beragam fitur tambahan lainnya.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami