Toyota Fortuner GR Sport Meluncur di Thailand, Ini Bedanya dengan Versi Indonesia

Tidak hanya di Indonesia saja, Toyota Motor Thailand turut meluncurkan Fortuner GR Sport.

Sabtu, 28 Agustus 2021 12:15
Toyota Fortuner GR Sport Meluncur di Thailand, Ini Bedanya dengan Versi Indonesia Toyota Fortuner GR Sport versi Thailand (Toyota Motor Thailand)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Toyota Astra Motor belum lama memperkenalkan Fortuner Gazoo Racing (GR). SUV ini meluncur bersama 4 model GR lainnya, Veloz GR Limited, Agya GR Sport, Yaris GR Sport, dan Rush GR Sport.

Selain di Indonesia, rupanya Fortuner GR juga sudah diluncurkan di Negeri Gajah Putih pada Kamis kemarin (26/8/2021). Berbeda dengan Indonesia yang memperkenalkan 5 model GR, Toyota Motor Thailand hanya merilis Fortuner GR Sport.

Lantas apa saja perbedaan Fortuner GR Sport di Indonesia dengan yang beredar di Thailand? 

1 dari 5 Halaman

Sisi belakang Toyota Fortuner GR Sport Thailand (Toyota Motor Thailand)

Toyota Fortuner GR Sport yang dijual di Thailand berbasis dari model Legender yang merupakan tipe tertinggi di negara tersebut. Sementara Fortuner GR Sport di Indonesia menggantikan tipe TRD Sportivo.

Secara eksterior, kedua mobil terlihat berbeda. Toyota Fortuner GR Sport di Thailand memiliki bodykit yang lebih agresif serta lampu LED dengan Daytime Running Light (DRL) dengan bentuk tiga garis vertikal.

2 dari 5 Halaman

Khusus untuk model GR Sport ini, di bagian housing lampu kabut ada tarikan garis serta overfender sewarna dengan bodi. Di bagian kaki-kaki disematkan monotube shock absorber buatan GR serta kaliper rem berwarna merah.

Interior Toyota Fortuner GR Sport Thailand (Toyota Motor Thailand)

Sementara Toyota Fortuner GR Sport di Indonesia lebih mirip dengan Fortuner biasa namun dengan penambahan bodykit dan pelek motif kipas yang lebih sporti. Selain itu Fortuner GR Sport di Indonesia tidak tersedia warna dual tone seperti di Thailand.

3 dari 5 Halaman

Sisi interior kedua Toyota Fortuner GR Sport mendapatkan perubahan namun pada bagian yang berbeda. Untuk versi Thailand, SUV tersebut mendapatkan berbagai penyegaran seperti jahitan merah di panel-panel soft touch, pedal alumunium, dan emblem GR di jok, MID, setir, serta tombol stop-start.

Sementara Fortuner GR Sport Indonesia, perubahan ada pada sistem AC dual zone, sehingga pengemudi dan penumpang bisa memilih suhu sesuai yang diinginkan. Fitur tersebut juga ditemukan pada versi Thailand.

4 dari 5 Halaman

Fitur-fitur baru di Toyota Fortuner GR Sport Thailand (Toyota Motor Thailand)

Fitur keselamatan Toyota Fortuner GR Sport Thailand lebih lengkap, mengingat basisnya adalah model Legender. Artinya Fortuner GR Sport di Thailand di antaranya sudah memiliki Toyota Safety Sense (TSS) yang mencakup kamera 360 derajat, Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keep Assist (LKA), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Meski tidak selengkap Toyota Fortuner GR Sport Thailand, versi Indonesia tetap dibekali fitur yang sama, seperti kamera 360 derajat, Blind Spot Detenction (BSD), Lane Departure Warning (LDW), Moving Object Detection (MOD), dan Vehicle Stability Control (VSC).

5 dari 5 Halaman

Untuk urusan mesin, Fortuner GR Sport Negeri Seribu Pagoda ini galak karena dipersenjatai mesin 2.800cc 1GD-FTV diesel yang sanggup menyemburkan tenaga sebesar 204 hp dengan torsi maksimum 500 Nm. Sedangkan Fortuner GR Indonesia dipasangkan jantung pacu 2.400cc 2GD-FTV diesel yang menghasilkan muntahan daya 148 hp dan torsi 400 Nm.

Fortuner GR Sport Thailand dibanderol mulai dari 1.879.000 baht atau Rp 831 juta (kurs 1 baht = Rp 442.29), sedangkan Fortuner GR Sport termahal di tanah air, yakni 2.7 SRZ BSN dijual Rp 605 juta.

(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami