Toyota Corolla Cross Punya Varian GR, Apa Bedanya dengan Modelista?

Setelah beredar berita Toyota Corolla Cross Modellista di Thailand, sekarang muncul berita baru tentang versi GR-nya di Taiwan.

Rabu, 15 September 2021 10:15
Toyota Corolla Cross Punya Varian GR, Apa Bedanya dengan Modelista? Toyota Corolla Cross GR (toyota.com.tw)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Belum lama ini nama Gazoo Racing (GR) kerap dibahas di dunia otomotif. Brand motorsport dari Toyota itu sudah meluncurkan banyak mobil di berbagai negara, di antaranya lima model GR Sport di Indonesia, Toyota Fortuner dan Hilux GR Sport di Thailand, dan Corolla Cross GR Sport.

Model yang terakhir itu baru saja meluncur di Taiwan. Berkat racikan GR, Toyota Corolla Cross mendapatkan tampilan yang lebih sporti.

Namun jika mengacu pada berita Corolla Cross sebelumnya, mobil yang sama di Thailand juga mendapatkan tampilan sporti melalui paket Modellista.

Lantaran kedua Toyota Corolla Cross itu bertampilan sporti, apa saja perbedaan di antaranya?

 

 

 

 

1 dari 5 Halaman

Perbedaan eksterior

Toyota Corolla Cross Modellista (Toyota Motor Thailand)

Melansir paultan.org, Selasa (14/9/2021), Toyota Corolla Cross GR Sport mendapatkan perubahan tampilan yang cukup signifikan. Bumper depannya tidak mirip dengan Corolla Cross pada umumnya. GR memberikan desain sporti nan tangguh, cocok untuk medan offroad.

Selain itu GR juga menyematkan beberapa sentuhan lain seperti grille depan dan atap berwarna hitam, lokasi lampu kabut yang lebih tinggi, serta underguard di seluruh sisi mobil.

Sementara paket Modellista untuk Toyota Corolla Cross di Thailand mengadopsi bahasa desain sporti racing. SUV itu ditempelkan bodykit agresif dari depan sampai belakang.

2 dari 5 Halaman

Penambahan ini membuat tampilan Corolla Cross Modellista lebih 'anak muda' dan dinamis, namun kurang cocok untuk dibawa ke medan berat karena ground clearance­-nya berkurang.

Ada juga perubahan pelek bawaannya. Termasuk dalam paket Modellista adalah pelek jaring-jaring two tone yang tidak ditemukan pada varian Corolla Cross lain. Bahkan model GR terbaru di Taiwan itu tidak menggunakan pelek yang berbeda.

3 dari 5 Halaman

Tidak hanya eksterior

Penambahan parts GR lainnya (toyota.com.tw)

Toyota Corolla Cross GR dan Modellista sama-sama mengalami perubahan cukup signifikan pada eksteriornya. Tetapi Modellista hanya sebatas perubahan tampang. Di sisi lain, GR menambahkan parts lain mulai dari interior sampai performa berkendara Toyota Corolla Cross.

Khusus model GR, interior Corolla Cross mendapatkan perubahan emblem GR di tombol start-stophead unit khusus dengan animasi GR, dan jok sporti dengan jahitan putih serta embos logo GR di headrest-nya.

Untuk performa berkendaranya, Gazoo Racing memberikan suspensi sport baru dan chassis reinforcement brace mobil untuk meningkatkan rigidity.

 

 

4 dari 5 Halaman

Safety and Engine

Suspensi sport dan chassis brace di Toyota Corolla Cross GR (toyota.com.tw)

Perangkat keselamatan kedua Toyota Corolla Cross ini tidak berbeda. Artinya SUV ini sudah dilengkapi Toyota Safety Sense 2.0, 7 airbags, dan kamera 360.

Dapur pacu Toyota Corolla Cross GR dan Modellista juga tidak mengalami perubahan. Kedua mobil itu tersedia dengan pilihan hybrid di mana mesin 1.800cc 2ZR-FXE bawaannya menyemburkan tenaga 98PS dan torsi 142 Nm. Jantung pacu itu dibantu motor listrik yang mempunyai total output sebesar 72 PS dengan torsi 163 Nm.

Namun pada Corolla Cross GR, tersedia juga opsi dapur pacu bensin. Pilihan berbahan bakar tersebut berupa mesin 1.800cc 2ZR-FE dengan daya pacu 140 PS dan torsi 172 Nm.

 

5 dari 5 Halaman

Harga

Sisi belakang Toyota Corolla Cross GR (toyota.com.tw)

Untuk harga, Toyota Corolla Cross GR di Taiwan dipatok harga 875.000 TWD atau Rp 450 juta (dengan kurs 1 TWD = Rp 514,9) untuk varian bermesin bensin. Sedangkan pilihan hybrid dibanderol 945.000 TWD atau Rp 487 juta.

Sementara bodykit Modellista dijual terpisah di Thailand. Parts itu mempunyai harga 41.500 Baht atau Rp 18 juta (dengan kurs 1 Baht = Rp 435,05). Untuk mobilnya, tipe termahal Toyota Corolla Cross Hybrid Premium Safety dibanderol 1.199.000 Baht atau Rp 521 juta.

(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami