Toyota Avanza Dikabarkan Menjadi FWD, Ini Pilihan LMPV RWD Terakhir

Toyota Avanza terbaru dikabarkan menggunakan penggerak roda depan. Jika benar, maka mobil satu ini akan menjadi satu-satunya pilihan LMPV RWD.

Minggu, 24 Oktober 2021 09:15
Toyota Avanza Dikabarkan Menjadi FWD, Ini Pilihan LMPV RWD Terakhir Wuling Confero S (Wuling)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Baru-baru ini wujud All New Toyota Avanza tersebar di dunia maya. Tampang barunya sudah tidak lagi mengadopsi profil Avanza sebelumnya, bahkan model yang baru ini cukup mirip sebagai SUV.

Selain tampang barunya, beberapa aspek dari Toyota Avanza baru ini juga terungkap, di antaranya penggunaan transmisi CVT, mempunyai peranti keselamatan Toyota Safety Sense (TSS), dan mengusung penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD). 

1 dari 5 Halaman

Bagian yang terakhir masih sebatas spekulasi. Namun, lantaran rival-rivalnya seperti Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga sejak awal menggunakan FWD, boleh jadi Avanza nantinya akan mengadopsi penggerak roda yang sama.

Jika benar, maka kelas LMPV nantinya hanya akan ada satu pilihan mobil dengan penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD), yakni Wuling Confero S.

2 dari 5 Halaman

Wuling Confero S

Interior Wuling Confero S (Wuling)

Sejak peluncuran Agustus 2017 lalu, Wuling Confero bisa dikatakan sebagai MPV alternatif di luar brand Jepang dengan harga yang lebih rendah dibanding Avanza. Bahkan di bulan Agustus 2021, mobil ini sempat menjadi LMPV terlaris ketiga se-Indonesia.

Meski jarang mendapatkan penyegaran, Wuling Confero S baru-baru ini mendapatkan facelift minor, terutama di bagian depan dan roda.

Wajah mobil itu kini nampak lebih modern dan dinamis berkat pnempatan DRL baru di samping grille bagian bawah. Selain itu rombakan lain terdapat pada perubahan housing lampu kabut dan sein, serta penggunaan lampu utama smoked.

3 dari 5 Halaman

Sementara di bagian kaki-kaki, Confero S facelift ini mendapatkan pelek baru. Meski masih berwarna dual tone dan bermotif kipas seperti sebelumnya, pelek baru ini memiliki desain yang lebih agresif dan sporti.

Perubahan terakhir ada pada interiornya. Sebelumnya Wuling Confero S mengusung warna hitam dan beige dari bagian dasbor hingga kursi. Untuk versi penyegaran ini, Wuling memberikan kombinasi warna dominan hitam ditambah beberapa aksen karbon berwarna merah maroon, membuat kabin terlihat lebih mewah.

4 dari 5 Halaman

Bagian lain tidak berubah

Wuling Confero S (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Selain perubahan di atas, LMPV buatan Wuling ini tidak mengalami banyak perubahan. Artinya Wuling Confero S facelift dibekali fitur seperti AC double blower, speedometer dengan MID hitam putih, audio steering switch, jok kulit, head unit 8 inci, dan tersedia pilihan captain seat di baris kedua.

Lanjut pada peranti keselamatan, satu-satunya LMPV dari Tiongkok ini sudah dilengkapi dual airbags, ABS, EBD, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), dan rem cakram depan dan belakang.

Wuling Confero S tersedia dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah mesin 1.500cc empat silinder DOHC dengan tenaga 98 PS dan torsi 135 Nm. Lalu kedua adalah mesin yang sama, namun dengan teknologi P-TEC VVT. Jantung pacu tersebut menghasilkan output sebesar 107 hp dan torsi 142 Nm. Mesin ini hanya tersedia pada Confero S termahal.

5 dari 5 Halaman

Seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 5 percepatan atau transmisi Auto Clutch Transmission (ACT) 6 percepatan. Sama seperti mesin yang lebih bertenaga di atas, transmisi ACT hanya ditemukan pada varian tertinggi.

Untuk harga, Confero S dibanderol mulai dari Rp 172.800.000 untuk tipe C terendah. Sedangkan tipe termahal ACT dipatok harga Rp 193.800.000.

Lantaran Toyota Avanza dikabarkan akan berpindah ke FWD, mobil ini nantinya bisa jadi akan menjadi satu-satunya pilihan LMPV dengan RWD.

(kpl/dit)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami