Top 3 Minggu Ini : Dari Byson Seruduk Aerox Sampai Perpanjang SIM Gratis

Selama sepekan terakhir, netizen dihebohkan dengan peristiwa kecelakaan yang menimpa rombongan touring Yamaha Aerox.

Sabtu, 14 April 2018 17:45
Top 3 Minggu Ini : Dari Byson Seruduk Aerox Sampai Perpanjang SIM Gratis Foto : Yamaha Byson / Topspeed.com

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Selama sepekan terakhir, netizen dihebohkan dengan peristiwa kecelakaan yang menimpa rombongan touring Yamaha Aerox. Peristiwa yang terjadi di jalan menurun dan menikung tersebut juga melibatkan satu unit Yamaha Byson.

Selain itu, kasus rem blong yang kerap terjadi juga menarik perhatian masyarakat. Tak heran jika banyak yang mencari solusi saat laju kendaraan tak dapat ditahan.

Informasi mengenai perpanjangan SIM A dan C gratis juga tengah hangat diperbincangkan. Kemudahan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Berikut ringkasan tiga berita yang ramai di kalangan netizen selama sepekan terakhir :

1 dari 3 Halaman

Byson Seruduk Rombongan Aerox

Byson Seruduk Rombongan Aerox

Kecelakaan tidak bisa diprediksi datangnya. Padahal otolovers sudah berhati-hati, tapi kadang ada pihak lawan yang justru tak berhati-hati.

Seperti video rombongan touring yang diunggah oleh akun @agoez_bendz. Terlihat rombongan touring motor matic itu sedang berada di jalan yang menurun dan menikung.

Mereka pun terlihat mengurangi kecepatannya. Namun tiba-tiba muncul Yamaha Byson dengan kecepatan tinggi. Sambil terdngar teriakan 'brong-brong', brak... Byson tersebut menabrak salah satu anggota touring.

Beruntung ada pembatas jalan, sehingga mereka tidak terlempar ke luar badan jalan. Terlihat mereka mengalami kesakitan di bagian pinggang. Sedangkan kondisi motor hancur.

 

2 dari 3 Halaman

Solusi Rem Blong

Solusi Rem Blong

Sudah berapa banyak kecelakaan yang disebabkan rem blong? Saat rem mengalami disfungsi, maka menyebabkan sistem pengereman tidak bekerja dengan baik.

Sebenarnya rem blong bisa diantisipasi apabila melakukan dengan benar dan tepat. Mengutip situs resmi Nissan Indonesia, langkah-langlah berikut bisa membantu pengendara saat mengalami rem blong.

1. Menurunkan Gigi secara Bertahap

Sebagian besar kecelakaan terjadi akibat pengendara dalam kecepatan tinggi. Ketika mengetahui rem blong, segera turunkan gigi secara bertahap, dari tinggi ke rendah. Ada kemungkinan bahwa putaran rpm akan sangat tinggi ketika menurunkan gigi. Hal tersebut tidak masalah selama cara menurunkannya perlahan. Teknik ini biasanya disebut sebagai teknik pengereman mesin.

2. Memanfaatkan Rem Tangan

Selagi melakukan pengereman mesin, imbangi juga dengan rem tangan. Rem tangan akan sangat efektif menurunkan kecepatan. Rem tangan akan sekejap menghentikan ban. Hal ini menyebabkan ban menjadi selip sehingga mobil bisa terbalik. Maka itu, turunkan gigi dulu baru manfaatkan rem tangan.

3. Jangan Matikan Mesin

Kebanyakan orang panik dan langsung mematikan mesin ketika rem blong. Hal ini membuat pengendara sulit untuk mengendalikan laju kendaraan, terutama pada mobil dengan power steering. Sebaliknya, pertahankan mesin untuk tetap menyala. Lihat sisi samping kiri atau kanan, lalu menepilah. Jika sedang berada di sebelah kanan jalan dan tidak memungkinkan untuk menepi ke jalur lambat, tak masalah bila berhenti di sebelah kanan. Pastikan tanda darurat menyala.

4. Jauhkan Kaki dari Pedal Gas

Kontrol penuh sudah didapatkan. Namun pastikan bahwa kaki tidak menginjak pedal gas sama sekali. Jauhkan kaki dari pedal agar terhindar dari faktor tidak sengaja menginjak pedal gas. Ketika kondisi di depan kendaraan aman, cek juga apakah ada sesuatu yang menghalangi atau mengganjal pedal rem.

5. Guncangkan Pedal Rem

Coba juga untuk mengguncangkan pedal rem. Ada kemungkinan bahwa rem blong terjadi hanya sementara karena kesalahan pada sistem. Meskipun sistem pengereman sudah berfungsi setelah diguncang, sebaiknya hindari untuk mengendarai kendaraan langsung. Sangat disarankan untuk pergi ke bengkel terdekat agar dilakukan penanganan.

6. Benturkan

Mobil tetap tak bisa berhenti? Usaha terakhir adalah menabrakkannya ke sesuatu yang lunak. Sangat disarankan untuk memerosokkan mobil ke area berlumpur. Bila tidak memungkinkan, benturkan pada pasir, pagar kayu, atau hal lain yang aman untuk berbenturan.

Tidak panik adalah kunci dalam melakukan semua langkah di atas.

 

3 dari 3 Halaman

Perpanjangan SIM Gratis

Perpanjangan SIM Gratis

Berbagai cara dilakukan untuk merayakan Hari Kartini, 21 April mendatang. Termasuk oleh persatuan istri polri atau Bhayangkari.

Perayaan hari Kartini nanti akan diisi dengan gelaran Kartini Run di Silang Monas, 22 April 2018 mendatang.

Tapi menariknya, di acara ini terselip rangkaian acara yang menyenangkan. Yakni, adanya pelayanan perpanjangan SIM A dan SIM C secara gratis.

Berdasarkan keterangan yang ada, perpanjangan SIM A dan C secara gratis ini diberikan hanya untuk 500 orang pertama yang terdri dari 200 peserta Kartini Run dan 300 masyarakat umum.

Pendaftaran perpanjanganan SIM A dan SIM C ini bisa dilkaukan di Satpas Wilayah Hukum Polda Metro Jaya.

Tapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan SIM A dan C secara gratis, antara lain:

1. Mengisi formulir permohonan

2. E-KTP asli dan fotokopi empat lembar (KTP dan SIM domisili mana saja)

3. SIM asli yang masih berlaku

4. Surat keterangan sehat jasmani dari dokter (bisa dibuat saat perpanjang SIM)

5. Masa berlaku SIM sampai tanggal 22 April 2018

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami