Tol Ngawi Solo Dipastikan Siap pada Arus Mudik 2018

Sebagian Jalan Tol Solo-Ngawi akan beroperasi dengan status fungsional pada April mendatang. Menteri PUPR mengabarkan bahwa tol ini akan siap pada arus mudik 2018.

Kamis, 08 Maret 2018 16:30
Foto : instagram.com/kemenpupr
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Pembangunan infrastruktur terus dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupr), untuk mengurangi tingkat kemacetan saat arus mudik. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut ialah pembangunan jalan tol Solo-Ngawi.

Sebagian ruas Tol Solo-Ngawi sudah hampir selesai dikerjakan. Mengutip pernyataan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dalam akun instagram @kemenpupr, perkembangan ruas tol tersebut membuatnya optimis bahwa mudik tahun ini akan berjalan lebih baik.

Salah satu bagian Tol Solo-Ngawi yang sudah bisa dilalui dengan status fungsional ialah ruas Tol Kartasura-Sragen. Kemenpupr menargetkan ruas tol tersebut bisa mulai digunakan pada bulan April mendatang. Selain itu, ruas Ngawi-Wilangan sepanjang 49,8 km juga tak lama lagi akan mulai beroperasi.

Pembangunan Tol Solo-Ngawi menggunakan skema kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Pemerintah memberi dukungan pembangunan konstruksi sepanjang 20,9 km pada Seksi I dan II, yakni dari Kartasura sampai Karanganyar,

Sedangkan Seksi III dan IV sepanjang 69,35 km, dari Karanganyar sampai Ngawi, dibiayai dari investasi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Solo Ngawi Jaya (PT. SNJ).

Jika sudah rampung seluruhnya, jalan tol yang menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ini akan memiliki panjang 90,25 km. Kini, konstruksi yang menjadi bagian pemerintah sudah selesai 100% persen. Sementara porsi PT. SNJ sudah mencapai 85%. Dengan dioperasikannya sebagian ruas tol Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono, diprediksi mampu membuat arus Semarang-Surabaya semakin lancar.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami