TNI Berhasil Kembangkan Ban Tanpa Udara, Ini 3 Kelebihannya

Berbeda dengan ban udara, ban tanpa udara ini dinilai cocok digunakan di medan pertempuran dan setidaknya memiliki 3 kelebihan yang tak bisa dianggap remeh

Kamis, 16 Juli 2020 08:15
TNI Berhasil Kembangkan Ban Tanpa Udara, Ini 3 Kelebihannya Ban tanpa udara buatan TNI (Youtube/Puspen TNI)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Pada tahun 2019 lalu, TNI AD lewat Politeknik Kodiklatad mengembangkan ban tanpa udara atau airless tyre. Nantinya ban ini akan digunakan untuk kendaraan taktis TNI AD.

Ban tanpa udara tersebut memiliki diameter mencapai 80 cm. Bagian terluar roda atau tapak roda terbuat dari bahan karet alami. Lalu bagian yang berbentuk seperti sarang lebah tersebut terbuat dari bahan polyurethane.

Bahan tersebut dinilai cocok untuk ban tanpa roda, karena memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi. Lalu bagian pelek berfungsi sebagai penghubung dari as roda ke roda tanpa udara.

Ban tersebut dinilai sangat cocok untuk ban tanpa roda. Sebab memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi. Kemudian bagian pelek bertugas sebagai penghubung dari as roda ke roda tanpa udara.

Berbeda dengan ban udara, ban tanpa udara ini dinilai cocok digunakan di medan pertempuran dan setidaknya memiliki 3 kelebihan yang tak bisa dianggap remeh. Berikut ini kelebihan-kelebihan tersebut yang dilansir Liputan6.com dari video yang diunggah akun Puspen TNI pada 11 Juli 2020.

 

 

1 dari 3 Halaman

1. Tahan Terhadap Tembakan Senjata Ringan

Ban tanpa udara buatan TNI (Youtube/Puspen TNI)

Dalam video tersebut diperlihatkan roda tanpa udara tahan terhadap tembakan senjata ringan.

2 dari 3 Halaman

2. Tahan Terhadap Benda Tajam

Ban tanpa udara buatan TNI (Youtube/Puspen TNI)

Pengujian pun berlanjut dengan melewati beberapa paku berukuran besar. Ini menandakan kemampuan ban terhadap benda-benda tajam.

3 dari 3 Halaman

3. Anti Bocor dan Anti Pecah

Ban tanpa udara buatan TNI (Youtube/Puspen TNI)

Fitur yang paling penting dari ban tanpa udara ini ialah anti bocor dan pecah. Oleh karenanya ban ini sangat cocok untuk pertempuran. Sebab para prajurit tak perlu khawatir atau kehilangan waktu banyak saat roda mengalami kendala tadi.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami