Tips Socket USB Charger Motor Terkena Air, Jangan Keburu Panik

Jika socket USB charger pada motor terkena air, pemilik motor wajib memastikan seberapa banyak air mengenai komponen tersebut. Baru kemudian bisa melakukan langkah selanjutnya.

Selasa, 17 September 2019 18:15
Tips Socket USB Charger Motor Terkena Air, Jangan Keburu Panik Soket USB sepeda motor (young choppers)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Perangkat soket USB pengisi daya smartphone kini juga tersedia untuk sepeda motor. Beberapa sepeda motor keluaran terbaru memiliki fitur tersebut.

Tapi, pemilik sepeda motor dengan fitur tersebut tak jarang jadi was-was dengan keberadaannya. Bagaimana kalau soket USB itu jadi terkena air?

Menurut laman resmi Suzuki Indonesia, pertama yang harus dilakukan adalah memastikan seberapa banyak air yang mengenai soket USB tersebut. Apakah hanya terciprat, atau sampai merendam soket.

1 dari 1 Halaman

Korsleting Listrik

Korsleting Listrik

Jika air hanya menyiprat, biasanya tidak akan menyebabkan terjadinya korsleting sistem kelistrikan. Tapi jika sampai soket terendam, maka korsleting tak bisa dihindari.

Kabar baiknya, korslet akibat soket tersebut tak akan mengganggu komponen kelistrikan lain. Terlebih jika soket USB tersebut adalah bawaan dari pabrikan.

Korsleting tersebut hanya akan menyebabkan putusnya sekring yang terpasang untuk charger itu. Yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengganti sekring dengan yang baru.

Tapi jika soket dipasang sendiri alias bukan bawaan pabrikan, maka pastikan untuk menambahkan sekring pada rangkaian kelistrikannya. Satu hal lagi yang harus diperhatikan, pastikan bahwa soket tidak terkena atau kemasukan air lagi.

(kpl/tys)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami