Tips Selamatkan Mobil Setelah Terendam Banjir

Simak beberapa langkah menyelamatkan mobil yang telah terendam banjir.

Jum'at, 03 Januari 2020 17:45
Tips Selamatkan Mobil Setelah Terendam Banjir Mobil terendam banjir (CBS Denver)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Sejak pergantian tahun 2020, berbagai daerah di Indonesia terus diguyur hujan. Beberapa di antaranya bahkan sampai menyebabkan banjir yang cukup tinggi, salah satunya Jakarta.

Beragam barang berharga pun tergenang, termasuk mobil. Lantas, apa yang perlu dilakukan setelah kendaraan roda empat tersebut terendam banjir? Berikut tipsnya seperti dikutip dari Wuling Indonesia:

1 dari 3 Halaman

Mesin Mobil

Setelah terendam banjir, jangan hidupkan mesin mobil. Pasalnya, ruang bakar mengandung air dan berpotensi water-hammer. Hal ini bisa menyebabkan dapur pacu pecah lantaran tekanan air.

Sebisa mungkin segera evakuasi mobil. Cara satu-satunya ialah mendorong atau pun menderek mobil ke tempat yang aman dan kering.

2 dari 3 Halaman

Kabel Aki

Tak hanya potensi water-hammer, mobil yang terendam banjir juga bisa mengalami korsleting. Karena itu, Otolovers perlu melepas kabel pada aki.

3 dari 3 Halaman

Bawa ke Dealer

Agar tak salah penanganan, segera bawa mobil ke dealer resmi untuk diperiksa secara menyeluruh. Minta dealer untuk melakukan pengecekan pada Engine Control Unit (ECU), oli, dan bahan bakar, serta sistem kelistrikan.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami