Tips Pindah Gigi Agar Kopling Motor Awet

Merawat kopling motor agar awet salah satunya adalah melakukan perpindahan gigi dan bukaan gas dengan benar.

Sabtu, 09 Januari 2021 09:15
Tips Pindah Gigi Agar Kopling Motor Awet Ilustrasi mengendarai motor kopling (ultimatemotorcycling.com)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Dalam perindahan gigi baik pada motor bebek maupun sport, memindahkan tidak dapat dipisahkan dari peranan kopling sebagai perantaranya. Karena itu pola pemakaian dan perawatannya dilakukan sebagai mana mestinya

Mengenai pemakaian dan perawatan motor kopling, Fachrul Reza, Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang, memberikan 10 tips:

1. Saat melakukan perawatan berkala di bengkel, tidak ada salahnya kita meminta teknisi untuk memeriksa setelan kopling pada motor agar sesuai dengan standar dari pabrik pembuatnya.

2. Setelan kopling yang tidak sesuai dengan standar pabrik dapat menyebabkan motor terasa kurang nyaman saat dikendarai. Selain itu juga dapat mempercepat keausan kampas kopling. Akibatnya tenaga motor menjadi berkurang dan tentu saja membuat boros bahan bakar.

3. Untuk awal akselerasi, gunakan gigi yang paling rendah terlebih dahulu, lalu secara bertahap dinaikkan sesuai dengan kebutuhan.

 

1 dari 3 Halaman

4. Pada saat memindahkan gigi ke posisi gigi yang lebih tinggi, sebaiknya kurangi sedikit bukaan gas agar perpindahan gigi menjadi lebih halus

5. Pada saat memindahkan gigi ke posisi yang lebih rendah, selain bukaan gas diturunkan, pastikan putaran mesin tidak terlalu tinggi agar roda tidak slip.

Hindari menakan handle kopling saat tidak pindah gigi (ultimatemotorcycling.com)

 

2 dari 3 Halaman

6. Untuk tipe motor bebek, pada saat tidak sedang memindahkan gigi, maka hindari ujung kaki atau tumit untuk menyentuh pedal perseneling.
"Karena di kawatirkan hal ini menjadi kebiasaan yang dapat menyebabkan kopling menjadi slip dan cepat aus," imbuhnya.

7. Untuk tipe motor sport, pada saat tidak sedang memindahkan gigi, maka hindari menekan handle kopling. Sebab ini akan menjadi kebiasaan yang dapat menyebabkan kopling menjadi slip dan cepat aus.

8. Hindari menggeber gas saat kopling atau pedal perseneling di tekan.

 

3 dari 3 Halaman

9. Gantilah oli mesin secara berkala dan dengan standar spesifikasi oli mesin yang telah ditetapkan oleh pabrik pembuatnya. Pasalnya kopling dan gigi transmisi pada motor bebek dan sport selalu terkena oli, sehingga kesalahan pemilihan spesifikasi oli mesin atau penggantian yang melebihi jarak tempuh yang telah di tetapkan akan dapat mempercepat keausan pada kopling .

"Ini juga membuat bahan bakar menjadi lebih boros," katanya.

10. Untuk tipe motor sport, kabel kopling dapat dilumasi secara berkala agar lebih awet, terhindar dari karat dan tentunya memperpanjang usia pakai kabel kopling.

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami