Tips Membawa Barang yang Aman dan Nyaman di Motor Matic

Membawa barang di motor matic perlu mempertimbangkan faktor keamanan dan kenyamanan. Sedikitnya ada 6 hal yang harus diperhatikan saat membawa barang di skutik.

Sabtu, 23 April 2022 13:30
Tips Membawa Barang yang Aman dan Nyaman di Motor Matic Ilustrasi membawa barang di motor matic (Istimewa)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Motor matic saat ini mendominasi penggunaan roda dua di Indonesia. Mudah dikendarai dan praktis menjadikan motor ini pilihan banyak orang.

Sebagai motor yang kini menjadi kendaraan harian, skutik kerap dimanfaatkan juga untuk membawa barang. Namun agar nyaman dan aman membawa barang di motor matic, penggunanya harus memperhatikan keseimbangan.

Soal ini, Danang Hermanto, instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta, memberikan beberapa tips berkendara skutik sambal membawa barang. Berikut tipsnya:

1 dari 3 Halaman

1. Saat menempatkan barang di atas motor dan ukuran cukup besar, pastikan motor dalam keadaan standar tengah. Hal ini akan membuat motor lebih rata, sehingga lebih mudah untuk mengikat barang ukuran besar.

2. Boleh saja membawa barang dengan cara menggantungkannya di fitur double hook, namun perlu diperhatikan untuk menghindari beban yang berlebihan karena akan mengurangi keseimbangan berkendara.

2 dari 3 Halaman

3. Dimensi dari barang yang digantung juga tidak boleh sampai mengganggu pergerakan pengendara saat mengendalikan motor, sehingga tidak membahayakan pengendara dan juga orang lain.

4. Barang juga bisa diletakkan pada bagasi. Hindari menaruh barang berlebihan di bagasi karena akan menyulitkan untuk menutup jok dan bisa merusak barang yang dibawa.

3 dari 3 Halaman

5. Tinggi barang yang dibawa tidak melebihi bahu pengendara karena akan mengurangi keseimbangan berkendara.

6. Pastikan panjang barang bawaan tidak melebihi atau menutupi lampu belakang, agar pengendara lain dapat tetap melihat signal lampu dari motor.

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami