Tips Bersih-Bersih Filter Udara Motor dari Material Baja di Musim Hujan

Simak tips agar filter udara motor tetap bersih di musim hujan.

Minggu, 29 Desember 2019 10:45
Tips Bersih-Bersih Filter Udara Motor dari Material Baja di Musim Hujan Filter udara motor (Istimewa)

Editor : Cornelius Candra
Reporter : Nazarrudin Ray

Otosia.com - Saat ini Indonesia tengah memasuki musim penghujan. Di beberapa tempat intesitas hujan terbilang tinggi bahkan lebat, akibatnya banyak timbul genangan air. Dalam kondisi demikian, pengendara perlu berhati-hati dan jangan malas-malas membersihkan komponen kendaraan usai dipakai menerabas hujan lebat.

Nah, mumpung musim liburan, merawat komponen kendaraan bisa dilakukan sendiri di rumah, terlebih mobil akan dipakai ke luar kota untuk berlibur. Salah satu part yang bisa dibersihkan sendiri adalah filter udara agar mesin tetap optimal.

Sama seperti bawaan pabrik, untuk filter udara aftermarket perawatannya terbilang mudah terutama yang terbuat dari material baja anti karat stainless steel 304 seperti Ferrox. "Cukup dicuci menggunakan air bersih," buka Teng Hery, Sales Manager PT Primes Asia, selaku distributor Ferrox.

 

1 dari 2 Halaman

Hindari Cairan Kimia

Selanjutnya, kata Teng Hery, lepaskan filter dari rumahnya, lalu terawang kondisi filter udara. Lakukan pencucian dengan ditambahkan detergen jika terdapat kotoran seperti oli, dan bersihkan dengan bantuan sikat gigi.

“Karena musim hujan, pengeringan bisa dengan bantuan kipas angin atau menggunakan kain lap plas chamois seperti kanebo. Setelah terlihat kering filter udara sudah siap digunakan kembali,” papar Hery.

Namun Hery mewanti-wanti jangan asal membersihkan dengan cairan kimia, bensin, alkohol atau solar – terutama Ferrox - karena dapat merusak struktur bingkai filter yang diproduksi dari karet alam sehingga bisa memperpendek usia pakainya.

2 dari 2 Halaman

Jarak Tempuh

“Dilarang menambakan oli atau cairan apapun setelah filter dibersihkan karena akan menghambat aliran udara,” imbuhnya.

Jika mengacu pada buku pedoman, perawatan filter udara Ferrox dilakukan setiap kendaraan sudah menempuh perjalanan sejauh 2.000 kilometer.

“Pada musim penghujan, perawatan bisa dilakukan setelah kendaraan mencapai jarak tempuh 3.000 kilometer karena polusi udara relatif lebih rendah dibandingkan pada saat musim kemarau. Dengan perawatan yang benar, filter udara Ferrox bisa digunakan selamanya,” tutup Hery.

(kpl/nzr/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami