Tips Beli Mobil Lewat Lelang Untuk Pemula

Lelang menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin memiliki mobil dengan harga terjangkau.

Kamis, 26 Oktober 2017 22:45
Foto: Hafid
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Lelang menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin memiliki mobil dengan harga terjangkau. Bahkan jika beruntung Anda bisa mendapatkan mobil dengan harga yang jauh dari pasaran.

Salah satu penyedia layanan ini adalah Ibid-Balai Lelang Serasi. Proses lelang di salah satu lini bisnis dari PT Serasi Autoraya (Sera) terbilang mudah, namun tetap membutuhkan trik tersendiri agar mendapatkan mobil yang diinginkan dengan harga sesuai. Lantas bagaimana caranya?

Wisnu Pryasto selaku Marketing Communication & E-Commerce Dept. Head PT Balai Lelang Serasi pun berbagai kepada Otosia mengenai hal tersebut. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan observasi terhadap mobil yang akan dilelang. Kegiatan observasi dapat dilakukan saat tiga hari sebelum waktu pelelangan.

"Kalau di kami sebutnya open house. Bukanya tiga hari sebelum hari pelelangan. Di sini kesempatan untuk melihat-melihat mobil dan mengetahui kondisinya," ucap Wisnu.

Observasi pun dipermudah dengan adanya informasi lengkap dari pihak Ibid-Balai Lelang Serasi mulai dari kondisi eksterior, interior, rangka, mesin hingga berkas-berkas penting.

"Jadi di informasi itu sudah lengkap. Kalau kurang paham bisa bawa orang yang lebih mengerti atau tanyakan saja ke petugas kami. Nanti dijelaskan, sehingga enggak bingung lagi nanti," jelas Wisnu.

Apabila sudah mengetahui mobil mana yang akan ditawar, trik selanjutnya adalah saat pelelangan. Momen ini menjadi penentu apakah Anda akan membawa pulang mobil yang diincar.

"Triknya begini saat lelang, kalau ada mobil yang dikeluarkan langsung ditawar orang, bisa jadi mobil itu kualitasnya bagus. Mereka kan juga sudah observasi sebelumnya. Lebih bagus lagi kalau ternyata yang nawar itu pedagang, mereka kan buat dijual lagi," ucap Wisnu.

Meski begitu, Wisnu mengingatkan untuk tidak terlalu terbawa suasana ketika proses pelelangan. Suasana yang cukup panas saat tawar menawar bisa saja menjerumuskan, sehingga harga yang didapat tidak sesuai atau bahkan lebih mahal.

"Kalau pedagang itu pasti mentok di titik tertentu. Karena kan buat dijual lagi. Nah kita tawar aja lagi sedikit di atas mereka, sudah pasti deh dapat dengan selisih sedikit. Yang pasti jangan emosi, tetap tenang menawarnya dan tau juga kemampuan kita berapa sih," tutup Wisnu.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fid/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami