Tips Aman Mudik Naik Mobil Pribadi Tanpa Bolos Puasa

Agar konsentrasi dan fisik tetap terjaga saat perjalanan mudik sambil berpuasa, simak 3 tips berikut.

Rabu, 06 Juni 2018 15:45
Foto: Merdeka.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Arus mudik 2018 akan dimulai beberapa hari lagi. Ratusan bahkan ribuan, baik kendaraan pribadi maupun umum, akan tumpah ruah ke jalanan berbagai daerah di Indonesia.

Jarak tempuhnya pun bermacam-macam, mulai di bawah 100 km hingga di atas 500 km. Begitu juga dengan durasi perjalanan, ada yang hanya 2 jam sampai membutuhkan waktu berhari-hari.

Hal ini tentunya bukan menjadi alasan untuk bolos puasa, meskipun tantangannya terbilang berat. Pasalnya, tubuh kekurangan cairan dan gula sehingga konsentrasi berkurang dan menurunkan refleks dalam berkendara.

Agar konsentrasi dan fisik tetap terjaga saat perjalanan mudik sambil berpuasa, simak 3 tips berikut yang dilansir dari akun instagram @mitsubishimotorsid:

1. Sahur

Saat sahur, pastikan makanan yang disantap mengandung gizi sesuai kebutuhan tubuh. Hindari mengonsumsi kabrohidrat terlau banyak saat sahur maupun berbuka karena berpotensi menimbulkan rasa kantuk. Upayakan memperbanyak konsumsi buah, sayur, dan daging guna meningkatkan asupan protein dan vitamin serta mineral pada tubuh.

2. Waktu

Manajemen waktu yang baik juga diperlukan ketika menempuh perjalanan jauh maupun dekat, apalagi sambil berpuasa. Usahakan menghindari jalur rawan macet supaya tidak stres. Sebagai gantinya, pilih jalur alternatif yang disarankan oleh petugas atau pun sistem navigasi. Selain itu, sempatkan beristirahat setelah berkendara selama 90 - 120 menit.

3. Emosi

Jika terlanjur melintasi jalur padat, kendalikan emosi dan tetap waspada serta utamakan keselamatan. Ingatlah bahwa keluarga di kampung halaman sudah menunggu kepulangan Otolovers.

YUK MULAI SIAP-SIAP MUDIK!

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami