Tips Agar Tidak Keracunan Saat Memanaskan Mobil

Memanaskan mobil tidak perlu lama-lama, cukup 2-3 menit saja.

Selasa, 31 Oktober 2017 08:00
Ilustrasi Memanaskan Mobil (CamshaftRacing)
Editor : Arry

Otosia.com - Memanaskan mobil adalah hal yang wajib dilakukan sebelum kita berkendara. Hal ini adalah langkah yang harus dilakukan agar mesin dapat bekerja secara optimal.

Ritual ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Atau saat mesin mobil masih benar-benar dingin.

Meski demikian, banyak yang salah kaprah saat memanaskan mesin mobilnya. Bahkan cenderung membahayakan kesehatan diri sendiri.

Dilansir dari Astraworld, saat memanaskan mobil, gas buang yang dikeluarkan dari knalpot mobil adalah hasil sisa pembakaran yang mengandung CO (carbon monoksida), HC (hydro carbon), Nox (nitrogen oksida), dan kandungan gas lainnya. Ini semua dapat membahayakan kesehatan  manusia.  

Gas-gas buang yang keluar dari knalpot pun sangat mudah tercampur dengan udara sekitar. Jika kita memanaskan mobil terlalu lama, maka gas buang yang tercampur ke udara akan semakin banyak.

Untuk tetap menjaga udara di dalam rumah tetap sehat dan bebas dari racun knalpot, maka lakukanlah beberapa hal yang berhubungan dengan memanaskan mobil:

1. Memanaskan mobil tidak perlu lama-lama, cukup 2-3 menit saja. Untuk kondisi mesin mobil saat ini sudah tergolong canggih, sehingga lebih cepat untuk dapat mencapai suhu idealnya.
2. Posisikan ujung knalpot ke udara bebas saat mesin sedang dipanaskan, agar gas buang tidak masuk ke dalam rumah atau ruangan terdekat di sekitar mobil yang sedang dipanaskan. Hal ini dimaksudkan agar gas buang yang keluar dari knalpot tersebut, bisa langsung menuju udara bebas.
3. Ruang terbuka adalah tempat yang tepat untuk memanaskan mobil. Jika mobil di parkir pada garasi yang tertutup, maka sebaiknya garasi tersebut di buka agar sirkulasi udara lebih baik untuk mengeluarkan gas buang yang berasal dari knalpot mobil.
4. Tidak perlu menginjak gas saat memanaskan mobil, karena dengan putaran idle saja sudah cukup. Putaran tinggi pada rpm mesin akan menambah banyaknya gas buang yang di keluarkan dari knalpot.

Selamat mencoba Otolovers!

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/ary)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami