Tips Agar Motor Tak Overheat Saat Cuaca Panas

Cuaca panas di berbagai daerah Indonesia bisa menyebabkan motor mogok karena mesin overheat.

Jum'at, 25 Oktober 2019 17:45
Tips Agar Motor Tak Overheat Saat Cuaca Panas Motor overheat (Motosport.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Beberapa daerah di Indonesia saat ini masih belum masuk ke musim penghujan. Alhasil, terjadi kemarau panjang dan suhu udara menjadi lebih tinggi.

Cuaca panas ini tak hanya berdampak pada manusia, tapi juga motor. Ketika digunakan terus menerus, motor akan mudah overheat dan mogok.

Agar motor tak overheat dan mogok, simak beberapa tips yang dikutip dari Motosport.com:

1 dari 3 Halaman

Komponen Pendingin

Beberapa motor saat ini telah dilengkapi dengan komponen pendingin eksternal, seperti oil-cooler atau pun liquid-cooler.

Pastikan komponen ini berfungsi normal. Selain itu, periksa cairan pendingin di dalamnya dan lakukan penggantian secara rutin.

Pada motor yang masih menggunakan sistem pendingin, pastikan sirip-sirip mesin selalu bersih. Fungsinya ialah agar angin bisa mendinginkan mesin dengan lebih optimal

2 dari 3 Halaman

Memanaskan Mesin

Meski suhu udara sudah tinggi, motor tetap harus dipanaskan sebelum melaju. Fungsinya ialah agar oli dapat melumasi mesin dengan optimal.

Tentu, periksa juga kondisi oli mesin. Lakukan penggantian secara berkala, setiap 2 bulan sekali atau pun setelah menempuh 2.000 km, tergantung kebiasaan.

Memanaskan mesin pun tak perlu dengan cara memutar gas dalam-dalam. Cukup biarkan motor menyala sekitar 1-2 menit, setidaknya sampai putaran mesin rendar dan stabil.

3 dari 3 Halaman

Cara Berkendara

Tentu cara berkendara berpengaruh pada suhu mesin. Usahakan melaju dalam kecepatan yang konstan. Selain itu, jaga putaran mesin agar tak lebih dari 4.000 rpm.

Selain itu, Otolovers juga perlu beristirahat setiap 3-4 jam ketika menempuh perjalanan jauh. Tak hanya untuk menyegarkan mata, momen ini juga berguna untuk mendinginkan mesin.

Jika memungkinkan, parkir motor di tempat yang teduh. Selain itu, periksa beberapa komponen mesin dan sistem pendinginannya.

(kpl/crn)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami