Tinjau Ulang Balapan Sore Hari

Perdana Menteri baru Malaysia, Najib Razak, turun tangan dalam perdebatan tentang balapan Formula Satu yang digelar sore hari, seraya mengatakan start pukul 05.00 waktu setempat di Grand Prix Malaysia perlu ditinjau kembali.

Senin, 06 April 2009 22:36
Jenson Button, juara di Malaysia
Editor : Zulfikar
Kapanlagi.com - Perdana Menteri baru Malaysia, Najib Razak, turun tangan dalam perdebatan tentang balapan Formula Satu yang digelar sore hari, seraya mengatakan start pukul 05.00 waktu setempat di Grand Prix Malaysia perlu ditinjau kembali.

Balapan hari Minggu (6/4) yang dimenangi oleh pembalap Inggris, Jenson Button, dihentikan setelah 32 putaran dari 56 putaran yang direncanakan pada saat badai besar membanjiri lintasan dan mengurangi pandangan mata sampai ke tingkat yang membahayakan.

Pada saat hujan mereda, sudah terlalu gelap untuk memulai kembali balapan secara aman.

Grand Prix di Malaysia untuk pertama kalinya dalam 11 tahun dimulai pukul 17.00, bukan pukul 15.00 seperti yang direncanakan atas desakan Manajemen Formula satu (FOM) agar lebih nyaman bagi para penonton televisi di Eropa.

Razak mengatakan harus ada peninjauan kembali. "Kami menerima hasilnya. Tetapi, di masa mendatang kami perlu menetapkan waktu yang lebih cocok, barangkali lebih awal," katanya seperti dikutip the New Strait Times.

Grand Prix Australia sepekan sebelumnya juga ditekan untuk dimulai pukul 05.00 sore, dengan para pembalap mengeluhkan masalah penerangan.

Ketua SIC, Mokhzani Mahathir mengatakan ia sudah berunding dengan Bernie Ecclestone dari FOM dan Federasi Otomobil Internasional (FIA).

"Keputusan untuk memulai balapan pada pukul 05.00 sore bukan keputusan saya. Saya sudah bicara dengan FIA tentang masalah keselamatan, dan FOM tentang masalah penonton di bagian lain dunia," katanya kepada wartawan.

"Faktor utama untuk peninjauan kembali ini adalah masalah cuaca dan penerangan. Mengenai jam berapa kita akan memulai balapan tahun depan, kami belum tahu, tetapi kami akan meninjau kembali waktu untuk balapan tahun depan," katanya.

Sebagian besar pembalap setuju dengan keputusan untuk menghentikan balapan itu karena masalah keamanan, dan beberapa pembalap menjelaskan bahwa mereka pikir balapan di senja kala berbahaya.

"Saya kira balapan di malam hari atau di siang hari," kata Felipe Massa dari Ferrari.

"Kita tidak bisa menyelenggarakan di tengahnya, itu jelas," kata Massa.(kpl/zul)

KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami