Tinggalkan Tradisi, Mengapa BMW M5 Anyar Andalkan Gerak 4 Roda?

BMW M5 diberi tambahan gardan, sehingga menggunakan konfigurasi penggerak 4 roda 'M xDrive' sebagai standar.

Sabtu, 18 November 2017 19:15
Foto: BMW
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Beberapa waktu yang lalu, BMW telah meluncurkan generasi terbaru sedan mid-size andalannya, 5-Series G30, ke publik pada 2016 lalu.

Tidak lama setelah BMW seri 5 meluncur, produsen mobil asal Bavaria tersebut tentu akan menyertakan varian paling kencangnya, yaitu BMW M5.

Generasi M5 yang terbaru ini menggunakan basis mesin yang sama, dengan menambah turbo kembar, sehingga sanggup melampaui angka 600 HP.

Tidak hanya itu, kini BMW M5 diberi tambahan gardan, sehingga menggunakan konfigurasi penggerak 4 roda 'M xDrive' sebagai standar, namun memiliki tombol untuk mode drift.

Sistem M xDrive dapat dioperasikan pada layar infotainment untuk memilih berbagai mode penggerak 4 roda, maupun penggerak roda belakang.

Saat mesin BMW M5 dinyalakan, otomatis mobil sedan kencang ini menggunakan fitur penggerak 4 rodanya. dengan pengatur stabilitas menyala. Namun, ketika pengemudi memilih opsi "4WD Sport Mode", tenaga bakal banyak yang dikirim ke roda belakang, serta membiarkan ban belakang sedikit bermain dengan pengatur stabilitas.

Begitu kendali stabilitas dimatikan, opsi penggerak 4 roda akan tetap tersedia, namun menjadi sedan sport berpenggerak roda belakang saja.

Uniknya, ketika ban belakang kehabisan daya cengkram termakan akibat aksi drifting, secara otomatis akan berubah menjadi penggerak roda depan.

Pada awalnya, BMW ingin menciptakan M5 terbaru ini dengan penggerak roda belakang saja, selayaknya BMW M5 yang sebelumnya sudah ada.

Ternyata, saking banyaknya tenaga yang dikirimkan oleh dapur pacu Twin-turbo V8 4.4 liter, sehingga gerak roda belakang bakal menyia-nyiakan momentu.

Akhirnya BMW memutuskan untuk mengandalkan gerak empat roda agar pengiriman tenaga lebih efisien dan merata.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami