Tilang Pengendara Main Handphone, Ini Aturan Jelasnya

Agar tak keliru, simak dasar hukum penilangan pengendara yang bermain handphone saat mengemudi.

Selasa, 02 Juli 2019 18:15
Tilang Pengendara Main Handphone, Ini Aturan Jelasnya Bermain hp saat berkendara (floridapolitics.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Setelah melewati masa percobaan, akhirnya sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dengan sistem kamera pengawas atau CCTV diterapkan. Namun, sementara ini aturan tersebut hanya berlaku untuk mobil dan lokasinya masih di seputar jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta, dengan 12 kamera CCTV.

Bila sebelumnya kamera hanya bisa mendeteksi pelanggaran yang terlihat di jalan, saat ini pengendara wajib waspada terlebih lagi jika tidak menggunakan sabuk pengaman dan bermain handphone (hp) saat berkendara.

Dijelaskan Budiyanto dalam Liputan6.com, Pemerhati Masalah Transportasi, menggunakan telepon pada saat mengendarai kendaraan bermotor merupakan pelanggaran lalu lintas.

"Dalam tata cara berlalu lintas yang diatur dalam Undang- Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas & Angkutan jalan, pasal 106 ayat ( 1 ), setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraan dengan wajar dan penuh konsentrasi," jelas Budiyanto melalui pesan elektronik kepada Liputan6.com, Selasa (2/7/2019).

 

 

1 dari 1 Halaman

Turunkan Konsentrasi

Turunkan Konsentrasi

Dalam penjelasannya, yang dimaksud penuh konsentrasi adalah bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dengan penuh perhatian dan tidak terganggu perhatiannya karena sakit, lelah, mengantuk, menggunakan telepon atau menonton televisi atau video yang terpasang di kendaraan, atau minum- minuman keras yang mengandung alkohol atau obat-obatan sehingga mempengaruhi kemampuan dalam mengemudikan kendaraan.

"Menggunakan telepon pada saat mengendarai kendaraan bermotor dapat berakibat dari menurunnya konsentrasi, dan secara otomatis akan memengaruhi kemampuan dalam mengemudikan kendaraan bermotor atau bahkan dapat berakibat pada terjadinya kecelakaan lalu lintas," tegasnya.

Analisa dan evaluasi bahwa setiap kejadian kecelakaan lalu lintas pada umumnya diawali dari pelanggaran lalu lintas. Menggunakan telepon pada saat mengendarai kendaraan bermotor merupakan pelanggaran lalu lintas.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami